Cara Merawat Wajah agar Bebas Jerawat

Cara Merawat Wajah agar Bebas Jerawat

Setiap wanita selalu memimpikan wajah cantik berkilau tanpa jerawat, dan terkadang, tidak semua tahu kalau cara merawat wajah agar bebas jerawat itu ternyata mudah dan tidak perlu ribet ribet beli krim krim wajah di supermarket tentunya. Semua wanita pastinya tidak mengharapkan kalau jerawat itu dapat menghiasi kulit wajah mereka. Namun yang sering terjadi malah jerawat kerap sekali muncul secara terus menerus di kulit wajah mereka karena ada banyak penyebab penyebab jerawat yang mungkin tidak diketahui oleh mereka. Pori pori pada wajah itu seperti sedotan, tetapi karena setiap hari kita tutup dengan BB cream, bedak, blush on, foundation, atau sunblock, udah begitu, anda terkena debu dan kotoran. Niat anda untuk mempercantik diri dan mencuci muka, tetapi karena caranya salah, malah nambahin sumbatan pori pori dengan make up anda tersebut. Niat anda untuk merawat wajah malah akan memperburuk kondisi wajah anda. Jadi gimana dong?

Faktor Penyebab Jerawat

Sebelum kita mengulas tentang cara merawat wajah agar bebas jerawat, baiklah kiranya agar kita mengetahui terlebih dahulu tentang faktor yang menyebabkan wajah kita dapat jerawat.

  • Bakteri. Bakteri merupakan alasan paling utama mengapa wajah anda bisa bertumbuh jerawat. Dan biasanya, bakteri yang menyebabkan jerawat ini dapat menempel pada kulit anda melalui berbagai macam media seperti halnya peralatan yang tidak steril atau semacamnya. Untuk cara merawat wajah agar bebas jerawat, dibutuhkan perawatan wajah secara rutin agar bakteri ini tidak mampu menimbulkan kjerawat pada kulit anda. Jika memang sudah terjadi atau jerawat sudah tumbuh pada kulit wajah anda, maka anda dapat menggunakan obat jerawat yang ada di apotik atau supermarket.
  • Genetik. Faktor genetik juga berperan untuk menentukan timbulnya jerawat pada wajah anda. Biasanya jika salah satu orang tua anda ada yang memiliki kulit yang berminyak, maka kemungkinan besar kulit anda juga akan berminyak. Kulit wajah yang berminyak akan mempermudah pori pori wajah anda untuk menyerap dan menyebabkan wajah anda berjerawat. Jadi jika wajah anda mudah berminyak, anda harus melakukan perawatan ekstra agar kulit anda tidak ditumbuhi jerawat ya guys!
  • Hormon. Faktor hormon biasanya juga memiliki peran yang sangat penting ketika kita berbicara tentang jerawat. Ketika anda memasuki masa masa puber, maka anda akan terjadi ketidak seimbangan hormon yang dapat menyebabkan jerawat. Menstruasi, stress, dan banyak merokok juga dapat memicu datangnya ketidakseimbangan hormon, yang akan meningkatkan produksi sebum di kulit anda. Akibatnya, yah jerawat akan lebih mudah muncul di kulit anda.
  • Kurang memperhatikan kebersihan wajah. Ini juga merupakan salah satu alasan penting mengapa jerawat asik keluar dan muncul di kulit wajah anda. Ketika anda jarang dalam memperhatikan kebersihan wajah, seperti jarang mencuci wajah atau malas mandi, itulah yang menyebabkan mengapa jerawat bisa timbul.

 

Nah, nah, sekarang setelah anda tahu bagaimana faktor faktor datangnya jerawat tersebut, yuk disimak bagaimana cara merawat wajah agar bebas jerawat:

  1. Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh nyentuh dan membersihkan wajah anda.
  2. Bersihkanlah dahulu make-up anda yang tebal, apalagi yang waterproof tersebut dengan memakai make-up remover atau cleansing oil yang memang khusus dapat membersihkan make up dengan cepat. Anda juga bisa memakai kapas untuk membersihkannya, tapi jika anda mau cepat, anda bisa pakai make up remover water micellar yang bahan dasarnya air dan tidak perlu dibilas itu.
  3. Basahi wajah anda secara merata.
  4. Ambillah facial wash anda sebanyak atau sebesar biji kacang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga, pas, agar hasil yang didapat juga maksimal.
  5. Busakan, hingga busanya melimpah, istilah kerennya sampe membentuk bouncy foam, alias busanya tebelllllll banget, lol.
  6. Bagilah busa yang sudah terbentuk tadi menjadi 5 bagian busa dan diolesi kepada wajah anda. Pipi kanan, pipi kiri, dahi, hidung, dan dagu.
  7. Pijatlah wajah anda dengan lembut, berputar ke arah luar.
  8. Pijat kembali wajah anda, yang lembut ya.
  9. Tunggu selama beberapa menit, 3 menit juga ok.
  10. Bilas sampai benar benar bersih. Jika masih ada sisa sabun dan busa yang tertinggal, malah dapat membuat dan memicu datangnya jerawat itu kembali.
  11. Keringkan wajah anda memakai handuk dengan cara ditepuk secara lembut.
  12. Hindari memakai air panas atau air hangat ke arah wajah (kecuali saat facial atau untuk treatment treatment tertentu) karena bisa menyebabkan wajah anda kekeringan dan memicu keriput, omg.

Baca Juga: Tips Alami Agar Wajah Terlihat Lebih Muda

Jika anda ingin mencegah datangnya jerawat, inilah langkah langkah atau poin penting yang harus anda lakukan:

  1. Cucilah wajah anda secara rutin
  2. Gunakanlah sabun khusus wajah
  3. Gunakanlah pelembab wajah
  4. Jaga kebersihan wajah dan ponsel anda
  5. Minum air putih secara rutin dan mencukupi
  6. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang
  7. Gunakanlah tabir surya ketika anda berada di panas terik matahari
  8. Beristirahatlah yang cukup
  9. Gunakanlah kosmetik yang sesuai dengan tipe wajah anda
  10. Bersihkanlah rambut anda secara rutin
  11. Jangan menyentuh wajah anda dengan tangan yang kotor

 

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: