10 anime terbaik

10 Anime Terbaik Sepanjang Masa

Halo guys, terima kasih sekali lagi karena sudah mampir melihat lihat tentang 10 anime terbaik versi saya. Nah sebagai pencinta anime, saya telah menghabiskan beribu ribu jam dalam hidup saya sendiri untuk menonton ratusan judul anime yang pernah ada. Nah dari beberapa ratus judul tersebut, saya bisa memutuskan beberapa judul anime yang benar benar dapat saya nikmati dan tentunya sangat saya sukai.

Beberapa anime dikategorikan sebagai sukses jika anime tersebut dapat menginspirasi, atau dari segi visualisasi atau temanya yang menarik. Dalam beberapa kasus, kombinasi di antara ketiganya itu malah membuat anime itu sangat dicintai oleh kita semua (khususnya pencinta anime). Yah, intinya saya sampai pada satu kesimpulan nih bahwa anime sebagai medium seni juga memiliki beberapa contoh yang berkelas maestro.

Karena mimin baru nonton anime mulai pertengahan 2000an, maka daftar ini mungkin kurang lengkap karena kemungkinan mimin belum pernah menonton anime yang bagus itu sendiri. Tapi, mimin pasti anda anda sekalian pasti juga suka setelah menonton anime yang satu ini.

10. The Wind Rises

The Wind Rises berkisah pada tahun 1918, saat itu Jiro Horikoshi yang berkaca mata ingin menjadi seorang pilot, tapi tahu bahwa masalah penglihatannya dapat menghalangi cita-cita tersebut. Suatu hari, dia membaca tentang seorang perancang pesawat terbang terkenal dari Italia, bernama Giovanni Battista Caproni dan bermimpi tentangnya. Caproni menjelaskan padanya bahwa merancang pesawat lebih baik daripada menerbangkannya.

Lima tahun kemudian, Jiro pergi naik kereta untuk kuliah di teknik ilmu penerbangan di Tokyo Imperial University. Di kereta tersebut ia bertemu dengan seorang gadis muda, Nahoko. Tiba-tiba muncul gempa bumi yang dahsyat. Pembantu Nahoto patah kaki dan Jiro membantu mereka sampai ke keluarga Nahoko. Dia pergi tanpa memberikan namanya.

Pada tahun 1927, Jiro lulus bersama teman dekatnya Kiro Honjo. Keduanya bekerja di sebuah pabrik pesawat terbang Mitsubishi. Mereka ditugaskan untuk mendesain sebuah pesawat tempur Falcon untuk tentara Imperial Army. Saat pengujian, pesawat tersebut malah patah dan mereka menolaknya. Jiro dan Honjo kemudian dikirim ke Jerman pada tahun 1929 untuk mempelajari teknik pembuatan pesawat.

Pada tahun 1932, Jiro dipromosikan menjadi kepala desainer untuk kompetisi pesawat tempur. Desainnya gagal dalam uji coba dan ditolak. Kecewa, Jiro pergi berlibur di sebuah resort di Karuizawa. Di sana ia bertemu dengan Nahoko lagi. Mereka kemudian berhubungan, tapi Nahoko menderita TBC dan menolak menikah sampai ia sembuh.

Namun akhirnya Jiro dan Nahoko menikah karena tak dapat berjauhan. Adik Jiro yang seorang dokter, Kayo memperingatkan Jiro bahwa pernikahannya dengan Nahoko akan berakhir buruk karena tuberkulosis tidak dapat disembuhkan. Meskipun kesehatan Nahoko memburuk, dia dan Jiro menikmati waktu mereka bersama.

Jiro kemudian harus pergi untuk menguji prototype pesawat terbang yang baru, Mitsubishi A5M. Nahoko mengetahui kesehatannya memburuk dan mungkin akan meninggal. Dia kemudian kembali ke sanatorium dan meninggalkan surat untuk Jiro, keluarganya, dan temannya.

Sepuluh tahun kemudian, pada musim panas 1945, Jepang kalah dalam Perang Dunia II. Jiro kembali bermimpi bertemu dengan Caproni, menyesal bahwa pesawatnya digunakan untuk perang. “Tidak ada satupun yang kembali”, kata Jiro sedih.

 

9. Valkyria Chronicle

Valkyria Chronicles Remaster menceritakan tentang Alicia dan Welkin, warga kota Bruhl yang berada di negara kecil Gallia yang penuh dengan Ragnite, mineral yang serbaguna. Karena ini, negara tersebut diserang oleh East Europan Imperial Alliance. Demi melindungi negaranya, Alicia dan Welkin pergi berperang dan menjadi bagian dari Squad 7.

Kekalahan negeri mereka mulai tampak ketika negeri musuh memiliki kekuatan seorang Valkyria, semacam prajurit suci yang bernama Selvaria Bless. Ketika dalam keadaan terdesak, Alicia, yang ternyata juga seorang Valkyria, mulai menggunakan kekuatannya untuk melindungi negeri mereka sendiri

Pembuatan anime Valkyria Chronicle sendiri dibuat berdasarkan dari games strategi PS3 yang kini sudah mendapatkan remaster menjadi PS4.

 

8. Code Geass

Code Geass!! Duh, siapa sih yang tidak pernah menonton anime yang satu ini? (yang belum nonton ayuk cepat nonton!)

Anime ini bercerita tentang negara Jepang yang menghilang dari peta dunia dan namanya diganti menjadi Area 11. Lelouch Vi Britania yang merupakan seorang pangeran yang dibuang (bukan putri yang dibuang ya!) ke area 11 bersama adik perempuannya yang buta, Nunally. Warga asli Jepang sangat membenci Britania yang telah merebut dan menjajah negri mereka. Ikuti perjalanan seru bagaimana Lelouch rela menjadi seseorang protagonis untuk kedamaian dunia!

NB. Ending Code Geass 10/10.

 

7. Laputa

Laputa (Castle in the Sky) adalah film animasi petualangan tahun 1986 yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Castle in the Sky (bahasa Inggris untuk Istana di Langit) adalah film pertama yang diproduksi dan dirilis oleh Studio Ghibli. Nah, kalau anda adalah penggemar anime, pastinya tidak asing dengan studio ghibli kan? Dicoba guys, laputa!

 

6. Mononoke Hime

Princess Mononoke adalah sebuah drama periode tertentu khususnya di akhir periode Muromachi Jepang tetapi dengan banyak unsur fantastis. Cerita berpusat pada keterlibatan orang luar Ashitaka dalam perjuangan antara wali supranatural hutan dan manusia dari Kota Besi yang mengkonsumsi banyak sumber daya alam. Tidak ada kemenangan yang jelas, dan harapan bahwa hubungan antara manusia dan alam yang seimbang menjadi kabur.

 

5. Anohana

Cerita AnoHana terfokus pada persahabatan 6 orang anak yang berteman dari kecil, tapi ketika terjadi kecelakaan yang membuat Menma, anak perempuan bagian dari kelompok mereka tersebut tewas, hal tersebut membuat hubungan 5 anak yang lain, yakni Jinta, Tsuruko, Anaru, Yukiatsu, dan Poppo secara perlahan mulai menjauh seiring dengan mereka yang menjadi dewasa dan berdampak mendalam pada kepribadian mereka. Khususnya Jintan, yang awalnya pemimpin dari kelompok itu menjadi pemuda yang menarik diri dari masyarakat dan memutuskan mengurung diri di rumah, sampai pada suatu musim panas tiba” roh Menma yang telah tampak lebih dewasa muncul di hadapan Jinta dan hanya Jinta yang bisa berinteraksi dengannya. Roh Menma tersebut meminta agar permohonannya dikabulkan agar dia bisa pergi ke Surga, dan meskipun Menma sendiri tidak bisa mengingat permohonan apa yang diinginkannya, kemunculan Menma perlahan-lahan membuat hubungan ke 6 anak itu yang sempat terhenti di masa lalu berputar kembali dan menujukkan perasaan mereka sebenarnya.

 

4. When Marnie was there

Cerita ini dimulai dari seorang gadis introvert, Anna. Anna adalah seorang anak perempuan yang sedang mengalami depresi. Hidupnya berubah ketika ia bertemu gadis seumurannya yang bernama Marnie.

 

3. Spice and Wolf

Anime ini mungkin merupakan anime bertema romansa terbaik di dalam daftar ini. Di saat banyak anime percintaan menyodorkan beberapa pasangan dengan segala kompleksitasnya, Spice and Wolf hanya memfokuskan pada satu pasangan saja dengan segala kesederhanannya — dan Spice and Wolf adalah bukti bahwa tidak perlu banyak pasangan supaya menjadi anime romantika memiliki cerita mengesankan.

Dengan cerita yang menarik — penuh dengan pengorbanan untuk orang yang kamu cintai, dialog seru yang jarang saya lihat di anime lain serta kepribadian yang unik yang sukses menunjukkan rasa cinta penuh afeksi, Spice and Wolf adalah mahakarya anime romantika yang sederhana.

 

10 anime terbaik

2. Paprika

Paprika adalah anime yang butuh bimbingan orang tua. Tema anime ini yang sangat ‘wow’ ini membuatnya kurang cocok untuk dinikmati kalangan anak-anak. Cerita ini dimulai ketika sebuah mesin yang dinamakan dengan DC Mini disalah gunakan oleh seseorang yang tidak dikenal. Mesin itu sendiri masih dalam masa percobaan. DC Mini mampu membuat kita masuk ke dalam dunia mimpi seseorang. Melalui DC Mini inilah yang membuat dokter dokter ahli tersebut dapat masuk ke dalam alam mimpi seseorang dan mengeksplorasi pikiran di bawah alam sadar mereka.

Soundtrack anime ini juga menjadi kesukaan saya selama beberapa pekan setelah menonton anime ini loh! Pokoknya sangat enak ditonton deh! 😀

 

1. Full Metal Alchemist : Brotherhood

Anime yang satu ini selalu menjadi favorit saya, (sebenarnya anime ini direkomendasikan oleh orang seseorang, ehem). Jadi pokoknya cerita yang satu ini diperkuat oleh konsep alkimia yang jarang ada di anime lain dan motif protagonis yang seakan tak perlu diragukan lagi jadi tidak heran jika yang satu ini jadi salah satu dari 10 anime terbaik. Serial ini berangkat dari ringan menjadi semakin berat dan pada akhirnya memiliki klimaks yang membuat napas terengah engah. Yang pastinya anime ini sangat cocok untuk anda para pecinta anime, dicoba ya untuk anda yang belum nonton! Ga bakalan nyesel deh!

 

 

Demikian, 10 anime terbaik dari saya, jika anda merasa bahwa anime favorit anda tidak ada di sini, silahkan berbagi ya di kolom komentar! Karena anime yang bagus tentunya akan terus ada dan tidak akan hilang ditelan jaman! Jadi, ayok share guys! ♥

Oh ya, anime yang satu ini, meskipun tidak berada di daftar 10 anime terbaik saya, anime yang satu ini selalu kukenang karena ini anime pertama yang direkomendasikan oleh mantan saya. ehem.

 

10 Anime Terbaik Sepanjang Masa

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply