5 Tips Diet

5 Tips Diet ini Dipercaya Banyak Orang, Fakta atau Hoax?

Resepkakak.com – Setiap wanita pastinya pernah mendambakan postur tubuh dan berat badan ideal. Hal itu tentunya dipercaya dapat mempercantik diri, dan dapat menambah kepercayaan diri saat tampil di muka umum. Namun untuk mendapatkan berat badan yang ideal, seringkali diet berlebihan pun menjadi pilihan. 

Hal itu tidak sepenuhnya salah, dan hal itu pun tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar. Mengapa? Karena di dunia ini ada banyak sekali tips dengan ribuan metode diet yang beragam-ragam. Saking banyaknya, sering kali, banyak sekali wanita yang menerapkan program diet berlapis lapis yang dimana hal itu sebenarnya hanya menyakiti diri anda sendiri. Diet yang berlebihan tidak hanya menyiksa diri, namun terkadang program diet yang anda lakukan justru tidak bermanfaat dan sangat bertolak belakang dengan hasil yang anda inginkan dengan program yang telah anda jalani.

Diatas tadi, saya mengatakan bahwa banyak sekali program diet yang terdapat saat ini, misalnya saja, ada diet dimana kita dilarang mengonsumsi makanan yang berbahan dasar daging. Hal itu memang wajar, dimana kebanyakan diet itu vegetarian, dan tidak memperbolehkan anda memakan daging sama sekali. Namun ada pula beredar sebuah program diet ketogenic yang justru mewajibkan anda memakan daging berlemak sebanyak mungkin, nah jadi bingung kan?

Karenanya, informasi yang anda dapatkan di internet mengenai program diet, tentu tidak dapat anda terapkan begitu saja, anda harus memilih dari sekian banyaknya program diet yang anda, anda harus menerapkan yang mana. Pilihlah program diet yang sesuai dengan anda, tidak menganggu aktifitas anda, serta program diet yang anda yakini dapat memberikan dampak yang paling optimal.

5 tips diet

Berikut adalah beberapa kajian yang dapat kita diskusikan mengenai program diet maupun informasi yang mungkin adalah hoax.

1. Minum Air Dingin Bikin Tubuh Gemuk

Cek Fakta: HOAX

Tentu hal ini adalah lucu-lucuan belaka, dan banyak remaja-remaja yang dengan sarkasnya mengatakan dengan hanya meminum air mineral dingin saja bisa membuat berat badan anda naik begitu saja. Dengan dalil air dingin bisa membekukan lemak yang ada dalam tubuh sehingga tubuh kita jadi mudah gemuk. Duh. Jangan aneh-aneh deh, haha.

Jika kita telaah kembali, air itu memiliki nol kalori, sehingga tidak mungkin air mineral baik itu dingin maupun panas dapat menyebabkan berat badan kita naik. Bahkan, minum air dingin itu kalau kita kaji lebih detail, dapat membantu kita menurunkan berat badan. Alasannya yah karena air dingin itu bisa meningkatkan metabolisme. Ketika air dingin yang kita konsumsi, masuk ke dalam tubuh, dibutuhkan energi ekstra dari tubuh kita untuk menghasilkan panas demi menyeimbangkan suhu air tersebut sebelum masuk ke sistem utama dalam tubuh kita. Untuk menghasilkan energi tersebut, tentu membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk dibakar sehingga tubuh justru bisa lebih kurus. Sebenarnya ini pelajaran di kelas SD dulu, nah orang-orang yang memutar balikkan fakta ini tentunya tidak pernah mendengarkan perkataan ibu/bapak guru dulunya, hehe.

2. Diet Seberat Apapun Akan Sia-sia Tanpa Olahraga

Cek Fakta: FAKTA

Pernahkah anda mendengar bahwa ada diet yang memberikan iming-iming tubuh kurus tanpa olahraga? Atau pernahkah anda membaca tips diet yang dimana anda tidak usah berolahraga? Kenyataannya, diet seberat apapun tidak akan sukses dan sesuai keinginan anda kalau anda tidak olahraga. Mungkin berat badan anda memang menurun, namun hal itu tidak akan bertahan lama kalau anda kembali makan makanan yang anda sukai.

Intinya, diet tanpa olahraga itu hanya akan memberikan efek yoyo. Yah seperti namanya, berat badan anda hanya akan berada pada kondisi naik turun. Artinya, berat badan anda memang akan turun, namun akan kembali lagi jika anda tidak olahraga. Kesimpulannya, jika anda ingin tubuh indah dan ingin berat badan yang ideal, anda harus konsisten dengan melakukan olahraga.

3. Makan di Atas Pukul 18:00 Bikin Berat Badan Naik 

Cek Fakta: HOAX

Hal mistis ini sepertinya tidak hanya ada di perkotaan, nyatanya hampir sebagian masyarakat Indonesia pastinya pernah mendengar hal mistis ini. Diet aneh ini menyarankan anda untuk tidak mengonsumsi makanan lagi di atas jam 6 sore. Jadi jika anda ingin menurunkan berat badan, anda harus patuh dan taat untuk makan sebelum jam 6 sore, duh seperti mau sahur aja yaa.

Sebenarnya masalahnya itu terletak pada apa dan seberapa banyaknya makanan yang anda makan, bukannya terletak pada waktu anda makan.

Tambahan lagi, ada juga diet yang mengatakan kalau memakan sebelum tidur akan membuat badan anda gemuk. Lah kalau pilihan makanannya tepat, dan tidak berlebihan, justru tidur anda akan lebih nyenyak, membantu sistem metabolisme dalam tubuh anda karena memberikan rasa kenyang sampai pagi hari. Lagian, siapa juga yang bisa tahan tidur dengan perut keroncongan, yakan.

4. Minuman Manis Bikin Tubuh Gemuk

Cek Fakta: FAKTA

Bila kita pelajari tips diet yang dipercaya, ternyata diet tersebut menyarankan untuk menghindari makanan dan minuman manis. Alasannya? Karena minuman yang manis-manis itu cenderung memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi namun tidak membuat tubuh kenyang, akibatnya kalori yang masuk ke dalam tubuh banyak, namun tubuh tetap kelaparan. Sementara jika kita diet demi menurunkan berat badan, maka kita seharusnya mendapatkan asupan kalori dan makanan yang seimbang sehingga tubuh kenyang dengan asupan kalori yang pas.

5. Ngemil Jadi Penyebab Utama Tubuh Gemuk

Cek Fakta: HOAX

Kasus terakhir pada pertemuan ini sebenarnya paling mengelitik bagi banyak orang, dan nyatanya hal ini ternyata paling banyak mengecoh orang yang sedang diet. Kepercayaan aneh yang disebarkan ini selalu mengatakan kalau kita tidak mengemil, tubuh bisa berangsur-angsur kurus. Mengemil snack pun sering kali dijadikan kambing hitam dalam dunia persilatan diet ini. Sebenarnya mengemil itu tidak bisa kita salahkan begitu saja menjadi penyebab utama kita gemuk. Ada banyak faktor lain yang bisa kita salahkan, salah satunya ya pola makan kita yang harus tetap kita jaga, sampai berolahraga.

Lagian, ada juga kasus dimana mengemil itu justru dapat menurunkan berat badan. Loh kok bisa? Yah, dengan mengemil, tentunya kita akan kenyang sepanjang hari, dan tanpa sadar kita dapat membatasi keinginan kita untuk makan banyak saat jam makan malam misalnya. Masuk akal bukan?

Salah satu contoh nyatanya, yah itu banyak di iklan tv di di tahun 2000an, yang dimana kita diperkenalkan dengan minuman jelly yang bernama okky jelly drink. xD

Mungkin sekian dulu, tetap pantengi info menarik dari resepkakak.com ya! Sampai jumpa.. ☺

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: