Cara Meluruskan Rambut Paling Mudah

7 Cara Meluruskan Rambut Paling Mudah Secara Alami

Cara Meluruskan Rambut – Memiliki rambut lurus adalah impian hampir setiap orang, tidak hanya wanita namun pria pun memimpikan hal itu. Rambut yang lurus akan membuat penampilan terkesan stylish, macho, dan terlihat lebih elegan. Oleh sebab itu trend rambut lurus tidak pernah lekang dimakan waktu.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa memiliki rambut yang lurus karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gen. Rambut lurus sangat dipengaruhi oleh gen yang miliki orang tua maupun gen di dalam keluarga. Sehingga jika di dalam keluarga ada yang memiliki rambut ikal ataupun keriting maka kamu pun akan condong dengan tipe rambut seperti itu.

Tidak perlu khawatir karena kamu pun bisa mempunyai rambut lurus seperti orang lain. Tapi ingat, untuk meluruskan rambut keriting sangat tidak disarankan mencoba hal-hal yang belum teruji karena cara yang salah bisa berakibat fatal. Akibat paling ekstrem adalah membuat lapisan jaringan kulit di kepala menjadi rusak, rambut rontok dan berpotensi mengalami kebotakan.

Meluruskan Rambut dengan Aman

Agar terhindar dari efek samping penggunaan bahan pelurus rambut berbahaya dan metode yang salah, sebaiknya menggunakan cara aman yang terbukti tanpa efek samping.

Berikut ini ada beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang aman dan tanpa efek samping apabila diterapkan dalam jangka panjang.

1. Minyak Almond

Cara pertama yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan minyak almond. Minyak almond dari dulu dipercaya sebagai bahan alami untuk masalah kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya adalah untuk meluruskan rambut secara alami.

Menerapkan metode ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak almond ke kondisioner. Kemudian aplikasikan pada rambut setelah keramas, tunggu 5 menit dan bilas rambut dengan menggunakan air biasa.

Yang perlu kamu perhatikan di sini, hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer karena dapat membuat rambut kering dan juga lebih bergelombang.

Jika ingin mengeringkan rambut disarankan menggunakan handuk yang berbahan lembut dengan cara membuat tepukan-tepukan ringan ke rambut yang setengah lembap. Terapkan hal ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Cara Meluruskan Rambut

2. Telur dan Susu

Telur dan susu kaya akan protein yang angat dibutuhkan untuk tubuh. Selain itu, susu dan telur ini dapat digunakan untuk meluruskan rambut secara alami.

Caranya adalah dengan menyiapkan tiga butir telur ayam. Kamu cukup mengambil putih telurnya saja. Setelah itu, siapkan juga susu putih secukupnya lalu tuangkan kedua bahan tersebut dalam sebuah mangkuk. Aduk kedua bahan hingga rata.

Jika kedua bahan sudah tercampur merata, aplikasikan bahan tersebut menjadi sebuah masker ke seluruh helai rambutmu. Diamkan bahan 30 menit dirambutmu, setelah itu bilas menggunakan air.

Terapkan hal ini rutin sehabis mandi agar hasilnya dapat terlihat dalam waktu singkat.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, namun juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih halus dan lurus. Selain itu minyak zaitun juga bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau secara alami.

Agar bisa berfungsi secara efektif sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut, gunakanlah minyak zaitun murni yang tidak punya banyak campuran di dalamnya.

Cara meluruskan rambut dengan menggunakan minyak zaitun ini sangat mudah dilakukan. Kamu cukup memberi minyak zaitun secukupnya pada rambut setelah keramas dimana rambut kondisinya setengah lembap.

 Lakukan dua kali sehari setelah keramas.

4. Daun Rosemary

Daun rosemary memang tidak mudah ditemukan saat ini, kalau pun ada pasti harganya mahal. Meski begitu daun ini bermanfaat untuk kecantikan salah satunya adalah meluruskan rambut secara alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal daun ini harus dicampurkan dengan minyak kelapa.

Caranya adalah dengan menambahkan setengah cangkir daun rosemary yang sudah dikeringkan, kemudian tambahkan dengan minyak kelapa yang telah dihangatkan.

Campurkan kedua bahan secara merata, setelah itu usapkan di permukaan rambut sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama 30 menit agar kandungannya meresap sempurna pada kulit kepala.

Setelah itu keramas seperti biasa dan rutin lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

5. Cuka

Cuka tidak hanya berfungsi sebagai bahan adiktif pada makanan, namun juga bisa digunakan sebagai bahan kecantikan. Salah satu manfaatnya dalam dunia kecantikan adalah bisa digunakan sebagai pelurus rambut secara alami.

Mengaplikasikan bahan ini pun cukup mudah yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes cuka ke dalam air yang bersih setelah itu oleskan ke rambut sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan ai.

Catatan: Cara ini tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif karena akan menyebabkan perih pada kulit kepala.

6. Pisang dan Pepaya

Selanjutnya cara meluruskan rambut keriting secara alami bisa dengan menggunakan pisang dan pepaya. Kandungan kalium dan juga mineral yang ada pada kedua buah ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah sekali diterapkan yaitu dengan menyiapkan daging pepaya dan pisang yang sudah matang, kemudian campurkan kedua bahan dalam mangkuk lalu tumbuk hingga keduanya menjadi halus. 

Tuangkan satu sendok makan madu yang murni, kemudian aduk kembali dengan menggunakan sendok. Apabila sudah jadi, aplikasikan bahan tersebut ke rambut dan kuit kepala secara merata. Diamkanlah selama 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

Setelah itu, jangan lupa untuk gunakan kondisioner supaya rambut lebih halus dan lembut.

7. Minyak Jarak

Cara meluruskan rambut secara alami berikutnya dengan menggunakan Minyak Jarak. Minyak yang disebut sebagai minyak castor ini memiliki kandungan vitamin, lemak, dan juga mineral yang tinggi.

Untuk meluruskan rambut dengan menggunakan minyak jarak ini juga sangat mudah dilakukan seperti bahan-bahan alami sebelumnya. Kamu cukup memanaskan minyak jarak secukupnya.

Selagi kondisi minyak masih hangat oleskan bahan tersebut ke permukaan rambut sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan dalam waktu 30 menit dan bungkus rambut menggunakan handuk yang telah direndam pada air hangat sebelumnya. Setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa dan lanjutkan dengan keramas.

Metode ini aman untuk semua jenis kulit termasuk yang memiliki kulit sensitif sekalipun karena senyawa pada minyak jarak tidak memiliki sifat negatif.

Itu dia cara meluruskan rambut dengan bahan alami.

Perlu kamu ingat, meluruskan rambut dengan cara alami ini hasilnya tidak instan seperti rebonding, namun lebih aman dan juga tanpa efek samping untuk jangka panjang. Jika dilakukan secara teratur rambut bisa lurus dengan bentuk yang lebih natural.

Pilih salah satu cara meluruskan rambut secara alami seperti yang telah disebutkan di atas dan rutin menerapkannya agar rambut lurus idaman kamu bisa terwujud dalam waktu singkat.

Previous Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply