Cara Mengatasi Depresi

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi

Apa itu Depresi? Bagaimana cara mengatasi Depresi? Jika anda pernah mengalami perasaan murung, gelisah, kesal dan emosi yang semuanya bercampur aduk dalam satu emosi yang bertahan 1 atau 2 minggu atau lebih? Jika ya, maka anda sudah terkena depresi.

Depresi merupakan salah satu masalah psikologis yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Jadi bagaimana cara mengatasi depresi pada diri sendiri, tanpa obat? Ibarat tamu tak diundang, depresi bisa datang kepada siapa saja dengan beragam penyebab. Gangguan kesehatan mental ini bisa menyerang orang miskin atau kaya. Tak terkecuali para selebritis sekalipun.

Tentunya, ketika anda merasa depresi, segeralah ditangani supaya tidak berkepanjangan. Cara mengatasi depresi biasanya dengan meminum obat antidepresan.

Hidup ini selalu dipenuhi dengan drama drama sabun yang membuat kita sakit hati.

Perbedaan antara orang orang yang tidak sukses dan orang orang sukses sering dipisahkan oleh satu hal: kekuatan mental.

Anda bisa menjadi seseorang yang menganggap kegagalan sebagai batu yang menghalangi jalan anda, anda juga bisa merasa sebagai korban dan curhat tentang perjalanan anda kepada siapapun juga. Atau anda juga bisa menjadikan kegagalan itu sebagai bantu loncatan agar ke depannya anda tidak mengalami hal serupa.

Berikut adalah beberapa cara agar anda cepat membaik setelah merasa depresi.

1. Meditasi 

Hal yang dibutuhkan ketika anda menggalami depresi adalah ketenangan. Dan dengan mediasi, anda dapat melakukannya. Kekuatan mediasi ini ibarat anda mengonsumsi obat antidepresan. Mampu membuat anda merasa lebih tenang.

Meditasi haruslah dilakukan dengan konsisten. Jangan hanya dilakukan saat anda butuh, alangkah baiknya lagi jika anda menjadikan meditasi sebagai rutinitas harian anda.

 

2. Berolahraga

Berolahraga secara rutin tidak hanya akan menyehatkan tubuh anda, tapi juga salah satu cara untuk mengatasi depresi. Olahraga yang dilakukan tidaklah harus berat, berjalan kaki mengelilingi kompleks pemukiman anda juga sudah cukup membantu. Kalau dekat rumah anda ada taman, bisa juga anda melakukan joging ringan setiap pagi di sana.

 

3. Ringankan dengan Bercerita

Apapun yang membebani pikiran anda, ringankan lah dengan bercerita. Depresi bisa muncul karena anda menyimpan beban pikiran tersebut sendirian. Ringankanlah depresi anda dengan bercerita kepada teman atau sahabat dekat anda. Dengan demikian, dijamin beban pikiran anda bisa mulai berkurang.

Bercerita juga merupakan cara untuk mengeluarkan aura dan energi negatif yang ada akibat depresi. Anda bisa menceritakan beban yang ada dalam pikiran anda setahap demi setahap.

 

4. Menulis Jurnal

Menulis merupakan aktifitas multi purpose. Artinya menulis bisa menjadi terapi bagi mereka yang hati dan pikirannya tengah galau dan depresi. Menulis juga dapat meringankan beban pikiran anda dengan menungakan semuanya ke dalam sebuah kertas atau buku.

Anda tidak perlu menjadi penulis yang baik dalam hal ini. Cukup tuliskanlah saja semua apa yang ada di pikiran anda, kemudian simpan dengan baik. Namun demikian, menulislah ketika ada waktu senggang, jangan memaksakan menulis sebuah jurnal saat anda disibukkan oleh pekerjaan.

 

5. Berliburlah

Kurang piknik mungkin sangat cocok untk anda yang tengah depresi saat ini. Memandang sesuatu secara berat hati dan rumit memang menjadi ciri khas munculnya depresi. Karena itu cara mengatasi gejala depresi adalah dengan lebih sering berjalan jalan alias berlibur. Dengan anda melakukan liburan, hati dan pikiran anda biasanya akan lebih tenang dan bahagia. Stress yang dibiarkan berlarut akan menjadi depresi akut. Tanganilah sedini mungkin.

 

Baca juga: Mengejar Kebahagiaan

Semua orang pasti menginginkan kebahagiaan, dan tidak ada yang menginginan kesedihan. Tapi ingatlah bahwa tanpa hujan tidak akan ada pelangi. Terimalah kegagalan anda sebagai bagian dari kehidupan, dan ingatlah bahwa sakit hati itu adalah bagian dari kehidupan, jadi yah nikmati saja!

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: