cara mengobati sakit gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi – Halo bunda, kali ini saya ingin membagi sedikit penggalaman, dan yang namanya penggalaman itu ada yang namanya penggalaman indah tak terlupakan, atau bisa jadi penggalaman yang pahit dan sakit. Penggalaman yang satu ini adalah penggalaman yang kelam dimana saya menderita sakit gigi. 

Sakit gigi sangat lah menyebalkan, dan saya rasa setiap orang pasti sudah pernah menderita yang namanya sakit gigi. Sakit gigi itu lebih buruk daripada sakit hati, kalau sakit hati mah masih bisa kita alihkan pikiran kita ya, nah kalau sakit gigi, waduh parahnya minta ampun, rasanya pengen sekali marahin semua orang, jambak-jambak orang, atau pengen numbuk numbuk bantal, hehe.

Sakit gigi itu memang mematikan, apalagi kalau kita sedang sakit gigi, bukan hanya gigi atau gusi saja yang sakit dan nyeri, tapi kepala juga ikutan nyut-nyutan dan ngilu, pusing ketika sakit gigi menyerang. Obat sakit gigi menjadi pilihan semua orang ketika menderita sakit gigi. Terkadang, obat sakit gigi memang mujarab dan sangat manjur dalam meredakan sakit dan nyeri yang menyerang. Obat sakit gigi biasanya juga dapat kita beli di apotek terdekat atau bahkan warung maupun minimarket juga pastinya menyediakan obat yang bagus ini.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Tentunya kita sudah sangat sering dengar dari televisi atau kata dokter, bahwa setelah makan itu harus sikat gigi, sebelum tidur harus sikat gigi, atau sikat gigi 3 kali sehari. Tapi, apakah benar orang orang melakukan semua hal itu? Tentu, mencegah sakit gigi itu dapat kita lakukan, dengan menambal gigi berlubang, karena memang gigi berlubang adalah faktor yang sangat mempengaruhi sakit gigi. Lalu faktor lainnya adalah banyaknya bakteri dalam gigi atau karena cara sikat gigi yang kurang bersih sehingga banyak makanan tersisa pada sela sela gigi dan membusuk sehingga gusi juga terinfeksi, mungkin, soalnya saya bukan dokter, lebih tepatnya bisa langsung konsultasi ke dokter gigi langganan anda ya bun, hehe.

Selain obat-obatan, jika kita menderita sakit gigi, mungkin kita akan langsung pergi ke klinik dokter gigi, dan ketika kita masuk dan hendak berkonsultasi, pasti dokternya bilang, “Hayoo kamu pasti tidak gosok gigi kan?”. “Enggak kok dok, saya sikat gigi.” Dan dokternya pun senyum senyum memperlihatkan ketidakpercayaannya. Memang menyebalkan, karena nyatanya walaupun kita selalu sikat gigi sebelum tidur, tapi tetap saja sakit gigi bisa menyerang. Nah untuk itulah, obat sakit gigi sangat dianjurkan disediakan untuk mengatasi hal hal seperti ini. Kita tidak tahu kapan sakit gigi akan menyerang, dan tentunya kita tidak ingin sakit gigi menyerang.

 

cara mengobati sakit gigi

Nah daritadi kita berbicara mengenai obat, apa jadi nya kalau ternyata obat tersebut sudah habis? atau obat yang sudah dibeli entah kenapa hilang, entah taruh dimana, dimakan kucing kali ya? Atau mungkin saja kita lupa membeli obat sakit gigi, dan hari sudah malam dan warung dan apotek pun sudah pada tutup. Jadi apa yang harus harus kita lakukan untuk mengatasi situasi yang menyebalkan seperti ini? Yuk kita intip beberapa cara mengatasi sakit gigi tanpa harus ke dokter dan kalau kita kehabisan obat.

Obat Sakit Gigi Alami

Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah menggunakan cara alami ini untuk mengatasi rasa sakit gigi yang luar biasa. Biasanya cara ini selalu menjadi pilihan utama bagi yang tidak punya obat sakit gigi di rumah. Berikut adalah beberapa cara dan obat natural alami yang dapat mengatasi rasa sakit gigi yang berlebihan.

1. Garam

Saat rasa sakit gigi menyerang, umumnya dokter gigi pastinya tidak akan mampu mengatasi dan melakukan tindakan lebih lanjut, apalagi kalau sampai mencabut gigi yang bermasalah. Dokter tidak akan pernah menyarankan untuk mencabut gigi pada saat anda menderita sakit gigi, karena itu sangat berbahaya. Nah untuk itu, biasanya dokter juga akan menyarankan kalau kita saat pulang ke rumah nanti, sedikit banyak kumur-kumur memakai larutan air garam, dan atas konsultasi yang simple itu biaya konsultasinya bisa lima puluh ribu, plus cek ricek disenter oleh dokternya, lain lagi uang obatnya, haha.
Jadi garam itu katanya memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri ini bisa menjadi obat gigi paling ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Selain itu garam juga dapat menjadi bahan yang bagus untuk perawatan gigi yang berlubang. Caranya membuat larutan garam itu sangat mudah, tidak perlu diajari, pastinya anda sudah tahu, yaitu larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Setelah itu gunakan larutan garam itu untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang.

2. Bawang Merah

Waduh, siapa sangka kalau bawang merah yang biasanya kita pakai untuk bahan makanan, bisa dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk meredakan rasa sakit gigi. Katanya sih, bawang merah memiliki kandungan anti-mikrobial dan anti-septiknya mampu mengendalikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai obat gigi dengan cara mengunyahnya. Atau bisa juga dengan menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

3. Bawang Putih

Bawang merah bawang putih, yah keduanya dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Dimana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri, katanya. Cara sih sama dengan bawang merah, anda bisa menghaluskan bawang putih tadi dan menempelkannya di bagian gigi yang sakit. Jika anda tidak ingin repot, kunyah saja langsung bawang putih tadi, dan letakkan langsung ke bagian yang sakit. (Biasanya saya sih langsung kunyah, dulu 3-4 tahun lalu, kalau sekarang sih saya sudah rajin sikat gigi, dan 6 bulan sekali pergi ke dokter gigi untuk konsultasi.

4. Es Batu

Nah, menurutku cara ini paling ampuh dibandingkan dari yang lainnya. Cara mengobati sakit gigi berlubang juga dapat Anda lakukan dengan mengompres es batu. Dimana suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya. Anda bisa mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang. Namun seiring berjalannya waktu, rasa sakit gigi akan kembali datang, sehingga kita harus mengulanginya berkali kali.

5. Minyak Cengkeh

Katanya sih minyak cengkeh sudah lama menjadi obat sakit gigi tradisional yang sudah banyak digunakan dari dulu, umm saya tapi belum pernah coba, jadi tidak bisa menjelaskannya secara detail. Bukan berarti tidak bisa, tapi saya belum pernah coba, haha. Jadi minyak cengkeh itu katanya memiliki kandungan eugenol dan memiliki fungsi sebagai anetesi alami yang akan menghilangkan sakit gigi. Agar sakit gigi tidak semakin parah, Anda bisa menggunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh. Kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Itulah beberapa cara yang bisa kakak rekomendasikan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Anda bisa memilih untuk menggunakan obat alami atau obat kimia yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Karena keduanya mampu mengatasi dan menghilangkan sakit gigi secara cepat dan efektif. Tentunya setelah anda sudah sembuh dari sakit gigi, anda harus belajar dari penggalaman kalau sakit gigi itu menyakitkan, dan tentunya kedepannya agar anda tidak lupa pesan dokter, sebelum tidur jangan lupa sikat gigi ya.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: