diabetes

Hati-hati, Minuman Diet Juga Bisa Sebabkan Diabetes

Pemanis buatan yang terkandung dalam minuman diet ternyata bisa berbahaya bagi tubuh Anda, salah satunya menyebabkan diabetes.

Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet dan gemar mengonsumsi minuman diet, berhati-hatilah. Sebab, minuman jenis tersebut ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Sebagai informasi, diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang muncul karena organ pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin. Sehingga, kadar glukosa atau gula darah meningkat dan terjadi hiperglikemia.

Salah satu asupan yang rentan memicu kondisi ini adalah makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan seperti minuman diet.

Dampak pemanis buatan pada minuman diet

Jenis pemanis buatan sendiri amat beragam. Namun, yang paling sering ditemukan dalam makanan dan minuman yang dijual di pasaran adalah sakarin, sorbitol, aspartam dan siklamat. Jenis pemanis buatan ini banyak terdapat dalam permen, camilan manis atau minuman kemasan.

Disampaikan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, upaya untuk menjaga kadar gula darah ada bermacam-macam, salah satunya adalah menjaga asupan gula, termasuk dari pemanis buatan. Namun, bila terlanjur terkena diabetes, harus segera diatasi. “Terdapat empat pilar pengobatan diabetes yang harus dilakukan agar kadar gula darah tetap terkontrol, yaitu edukasi (pemberian informasi terkait penyakit, penyebab, komplikasi, penanganan, pencegahan), pengaturan pola makan, olahraga secara rutin dan konsumsi obat,” jelasnya. Menurutnya, penggunaan obat-obatan anti-diabetes tersebut harus disesuaikan dengan beratnya diabetes serta komplikasi yang sudah terjadi.

Bagaimanapun juga, tentunya amat sulit untuk menghindari gula dalam keseharian. Cara untuk menanganinya adalah dengan menggunakan bahan alami sebagai pengganti pemanis buatan. Sebisa mungkin, hindari berbagai jenis minuman atau makanan yang mengandung pemanis buatan di atas, termasuk minuman diet.

Menurut dr. Fiona, daripada mengonsumsi minuman diet yang mengandung pemanis buatan, akan lebih baik bila Anda menggantinya dengan pemanis yang terbuat dari stevia (herbal), buah-buahan dan erythritol (alkohol gula). Jenis pemanis ini lebih aman untuk dikonsumsi dan tak ada larangan spesifik.

Mungkin sebelumnya Anda menganggap minuman diet benar-benar sehat dan tidak mengandung gula. Pada kenyataannya, minuman jenis ini justru bisa memicu diabetes. Oleh sebab itu, sebisa mungkin berhentilah mengonsumsi jenis minuman tersebut, ya!

Previous Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: