Makanan Khas Daerah Ujung Timur Indonesia yang Sangat Unik

Makanan Khas Daerah Ujung Timur Indonesia yang Sangat Unik – Bagi anda para pecinta kuliner, kini hadir informasi seputar makanan khas daerah paling Timur Indonesia yang sangat unik yaitu makanan tradisional asal Papua. Papua sangat dikenal akan kekayaan alamnya yang melimpah serta pemandangan hamparan daratan dan lautnya yang sangat mempesona. Bak surga dunia, Papua tak pernah gagal dalam hal menggambarkan keindahan dan keajaiban dari negara Indonesia. Tak hanya itu saja, budaya dan sejarah yang ada di Papua juga sangat menarik untuk dipelajari karena ada berbagai kekayaan warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Hal yang lebih menarik lagi adalah, walau Papua berada di ujung Timur Indonesia yang sering dicap sebagai daerah yang jauh dari pusat perkembangan, namun bila anda mencicipi berbagai makanan tradisional asli Papua ini, maka segala paradigma dan pendapat yang kurang baik tentang Papua bisa dibungkam oleh kenikmatan serta kelezatan dari kekayaan cita rasa yang ada di setiap makanan tradisionalnya. Setiap makanan tradisional Papua ini menggunakan bahan dasar dari alam yang masih asri dan asli serta menggunakan berbagai jenis rempah yang sangat identik dengan kekayaan alam Indonesia.

Beberapa makanan khas daerah Papua yang wajib anda coba adalah:

• Papeda
Tentunya para pecinta kuliner cukup sering mendengar nama makanan ini namun mungkin juga tak banyak yang pernah mencicipi sendiri kelezatan dari makanan asli Papua ini. Papeda dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang penyajiannya dilengkapi dengan kuah bening dan ikan bakar berbagai bumbu dan rempah. Hal yang sangat menarik dari makanan yang satu ini adalah cara memakannya. Orang Papua biasanya menggunakan alat yang terbuat dari bambu untuk menggulung Papeda dari piring. Alat makan tersebut dinamakan Gata-gata.

Makanan Khas Daerah Ujung Timur Indonesia yang Sangat Unik

• Aunu Senebre
Seperti namanya yang sangat unik yaitu makanan Aunu Senebre, makanan ini juga memiliki cara memasak yang unik. Bahan dasar yang digunakan dalam makanan ini adalah ikan teri yang sudah dioleh, nasi yang sudah digoreng, daun talas yang sudah diiris tipis, dan parutan kelapa. Semua bahan makanan tersebut kemudian dikukus hingga matang. Setelah jadi, makanan Aunu Senebre ini biasa disantap bersama dengan Papeda.

• Sate Ulat Sagu
Makanan asli Papua yang satu ini memang cukup ekstrim karena menggunakan bahan dasar makanan yaitu binatang berjenis serangga yang banyak ditemukan di Papua yaitu ulat sagu. Cara memasaknya cukup mudah, biasanya mereka menyate ulat sagu ini yang sudah diberi sedikit bumbu tambahan. Kemudian mereka membakarnya di atas tempat pembakaran seperti membakar sate. Walau cukup ekstrim dan aneh, namun makanan yang satu ini sangatlah baik bagi kesehatan seperti menambah energi pada tubuh manusia tanpa memberi efek samping yaitu kolesterol yang tinggi.

 

Akhir kata, itulah 3 makanan khas daerah ujung Timur Indonesia yaitu Papua yang wajib anda coba. Walau ada makanan yang cukup ektrim, namun dengan mencicipinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan khususnya bagi para pecinta kuliner Indonesia.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Enak Di Indonesia yang Wajib Dicoba

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: