Makanan khas Jogja

Mencicipi Makanan Khas Jogja yang Legendaris

Mencicipi Makanan Khas Jogja yang Legendaris – Jogja atau Yogyakarta memang terkenal dengan kota pelajar, berkumpulnya pelajar dari seluruh kota di Indonesia membuat kota ini menjadi kota tujuan para pelajar. Datangnya pelajar dari sabang hingga marauke ke kota Jogja, menjadikan kota ini memiliki beragam kuliner makanan. Namun bukan berarti makanan khas Yogyakarta menjadi tersaingi dan tersingkirkan. Makanan yang khas dari Yogyakarta tetap menjadi nomor satu yang dituju oleh para wisatawan dan juga penduduk lokal.

Makanan khas Jogja memiliki cita rasa manis dan gurih. Jika anda sedang merencanakan untuk berlibur ke kota Jogja maka jangan lupa untuk mampir mencicipi makanan yang enak dan lezat khas Jogja. Langsung saja kita bahas apa saja makanan dari kota Jogja ini.

  • Gudeg. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan kuah santan. Untuk memasak gudeg membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bumbu dan santan meresap. Gudeg bercita rasa manis, namun anda perlu mengetahui bahwa di Jogja terdapat tiga jenis gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering dan yang terakhir adalah gudeg manggar. Jika anda berencara untuk membawa gudeg sebagai buah tangan maka pilihlah gudeg kering yang tahan lama.

  • Jadah Tempe. Makanan ini cukup unik dan hanya ada di Yogyakarta. Jadah tempe ini bisa anda temui di sekitar daerah kaliurang. Jadah yang terbuat dari ketan putih akan disantap bersama dengan tempe bacam atau tahu bacam. Kaliurang yang memiliki cuaca yang lebih sejuk sangat pas untuk menikmati jadah tempe beserta teh manis panas.

  • Brongkos. Mungkin anda tidak terlalu familiar dengan masakan yang satu ini. Brongkos juga salah satu makanan yang khas dari Jogja. Makanan ini terbuat dari tempe, tahu, kacang tolo dan juga daging sapi, Kuahnya yang terbuat dari santan dan kaldung daging membuat makanan ini memiliki cita rasa manis, pedas dan gurih. Paling enak jika dinikmati dengan sepiring nasi panas, dijamin anda tidak akan membutuhkan lauk pauk yang lain.

  • Soto Sulung. Yogyakarta juga memiliki makanan soto yang enak dan banyak dicari oleh para wisatawan. Rasanya yang khas membuat orang yang pernah mencobanya menjadi merindukan soto sulung. Anda dapat membeli soto ini di daerah malioboro dekat dengan stasiun tugu. Isi dari soto ini hampir sama dengan soto lainnya yang berisi nasi, toge, daging sapi dan potongan telur. Namun anda perlu mencoba kuahnya yang lezat dan memiliki ciri khas tersendiri berbeda dengan soto yang lainnya.

  • Sate Klatak. Ini dia salah satu kuliner Jogja yang tidak boleh dilewatkan. Jika anda menonton film AADC2 maka ada adegan dimana Rangga mengajak Cinta makan di salah satu kedai sate Klatak. Satenya sama saja, yang berbeda adalah tusukan dari sate tersebut. Jika sate pada umumnya menggunakan tusuk dari bambu, sedangkan sate Klatak menggunakan tusukan dari besi, dengan demikian sate akan lebih cepat matang merata. Biasanya sate akan disuguhkan dengan kuah tongseng.

Itulah beberapa Makanan khas Jogja yang dapat anda nikmati saat anda sedang berlibur di kota ini. Jangan lupa juga untuk menikmati beberapa menu kuliner khas Jogja yang sayang jika dilewatkan.

Baca jugaMakanan Khas Malang Wajib Dicoba dan Sayang Jika Dilewatkan

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: