Obat Generik dan Obat Paten

Obat Generik dan Obat Paten

Pasti bagi Anda yang biasa diberi resep oleh dokter ataupun sering ke apotek untuk membeli obat, tidak asing dengan istilah obat generik dan obat paten. Biasanya orang selalu underestimate terhadap obat generik karena harganya yang lebih murah. Murahnya harga obat generik tersebut membuat beberapa orang meragukan kualitasnya.

Anda perlu tahu bahwa persepsi mengenai obat generik ini merupakan persepsi yang salah. Obat generik tidak melulu memiliki kualitas yang kurang bagus karena harganya yang murah. Janganlah risau jika Anda diberi obat mual muntah terpercaya resep dokter yang generik.

Obat Generik

Obat generik merupakan obat yang telah habis hak patennya. Hak paten disini maksudnya adalah hak dimana suatu perusahaan farmasi dapat membuat obat baru dari serangkaian uji yang dilakukan perusahaan farmasi tersebut. Apabila perusahaan farmasi lain ingin membuat obat paten, maka perusahaan tersebut harus meminta izin (membayar royalti) pada perusahaan pemilik hak paten.

Obat yang telah habis hak patennya atau obat generik dapat diproduksi oleh perusahaan lain tanpa perlu melakukan pembayaran royalti. Meskipun harganya murah, ternyata obat generik memiliki efektivitas yang sama dengan obat paten. Selain itu, kandungan zat aktif dalam obat generik dan obat paten sama.

Harga obat generik murah karena perusahaan farmasi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk riset serta tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pematenan obat.

Obat Paten

Seperti yang telah di ulas di atas, obat paten merupakan obat yang memiliki hak paten dan dapat diproduksi oleh perusahaan farmasi yang hanya memiliki hak paten untuk memproduksi obat tersebut. Hak paten suatu obat di Indonesia berlaku selama 20 tahun. Bila masa paten tersebut telah habis, hak patennya tidak bisa diperpanjang.

Setelah hak paten habis masa berlakunya, perusahaan lain bebas memproduksi obat paten ini sehingga obat paten berubah nama menjadi obat generik. Salah satu contoh obat paten adalah obat yang biasanya dipakai untuk luka bekas operasi. Mengingat obat paten merupakan hasil riset yang baru, maka harganya jelas lebih mahal daripada obat generik.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: