Peluang Sukses Tidak Tergantung Pada Karakter Anda

Peluang Sukses Tidak Tergantung Pada Karakter Anda

Peluang Sukses Tidak Tergantung Pada Karakter Anda – Pernahkah anda diberitahu bahwa jalan menuju kesuksesan itu diciptakan untuk orang orang extrovert. Beberapa orang bersikeras bahwa kecuali kalau anda orang orang yang pandai dalam bersosialisasi, anda akan kesusahan untuk sukses di zaman sekarang yang serba cepat dan zaman yang penuh komunikasi. Namun itu salah. Tidak perduli apapun kepribadian yang anda miliki, jalan menuju kesuksesan itu selalu ada di tangan anda.

Menjadi seorang introvert di satu pihak memang bagus, namun ada juga sisi buruknya. Jika anda adalah seorang yang lebih bersinar dalam kelompok kecil dan interaksi satu dengan satu ketimbang berinteraksi di depan massa, mungkin anda tergolong introvert.

Pemimpin introvert biasanya senang beradaptasi dalam mendengarkan perspektif orang lain sebelum mereka bertindak dan berkata kata. Mereka menghargai nilai dari tingkah laku. Mereka mampu melihat situasi secara objektif dan tidak mudah digoyahkan setelah mendapatkan kesimpulan. Presiden Lincoln adalah salah satu contoh nyata dari tipe pemimpin seperti ini.

Mungkin karena seorang yang introvert menghabiskan lebih banyak waktu dalam mempertimbangkan permasalahan yang mereka hadapi dari berbagai sudut, mereka mampu mengatasi datangnya perubahan. Namun sifat introvert dalam seorang pemimpin ini juga ada sisi buruknya, karena bekerja dalam kelompok akan memberatkan orang introvert tersebut, dia akan kesulitan dalam memahami bawahannya karena kurangnya interaksi. Disisi bawahannya sendiri, mereka juga akan kesusahan dalam memahami maksud dan tujuan pemimpin mereka tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, maka tak jarang seorang pemimpin besar yang introvert mempekerjakan seorang sekretaris untuk mewakili nya dalam berinteraksi dengan bawahan. Walaupun seseorang yang introvert biasanya memiliki kemampuan untuk memperkirakan beberapa langkah ke depan, mereka akan kesusahan jika suatu kali hal hal yang tidak terduga terus menerus muncul di depannya.

Di sisi lain, introvert, yaitu extrovert, juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sebagai seorang pemimpin. Seorang yang extrovert biasanya adalah seseorang figur publik yang akan berbicara di depan dan tidak memiliki masalah apapun dalam bersosialisasi dan berinteraksi. Mereka ingin mengenal orang orang baru, dan tidak takut untuk pergi terjun ke lapangan untuk menemui klien baru mereka dan bahkan langsung menyapa dan ikut membantu bawahan mereka.

Pemimpin yang extrovert seperti ini ada kalanya akan mendatangkan banyak keuntungan, namun di satu pihak lainnya, ada juga ketidak untungan yang membuat extrovert sangat tidak dihargai di mata bawahannya karena tidak memiliki kharisma. Seorang yang extrovert juga sering dicap hanya banyak bicara dan tidak memilki kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Seorang pemimpin yang extrovert akan cenderung blak blakan dan akan memberi kesan yang impulsif dan menekan tergantung sesuai situasinya.

 

Peluang Sukses Tidak Tergantung Pada Karakter Anda

Lalu anda termasuk yang mana? Jika anda merasa tidak termasuk ke dalam kategori introvert dan juga tidak masuk ke dalam kategori extrovert, maka kemungkinan anda adalah seorang yang ambvert. Seseorang yang ambivert biasanya akan memiliki sedikit sifat introvert dan extrovert dalam hal tertentu.

Ambivert adalah seorang pemimpin yang lebih seimbang dan pemimpin yang termasuk ke dalam kategori ini akan memiliki waktu singkat untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang baru pula. Seorang yang ambivert juga dengan mudah bergaul dengan orang orang yang introvert maupun extrovert.

Terlepas anda termasuk seseorang yang introvert, extrovert ataupun ambivert, anda perlu untuk ingat untuk menjadi diri anda sendiri. Cobalah untuk menyesuaikan diri dengan orang lain, bagaimanapun kepribadian mereka. Anda tidak perlu untuk mengubah jalan pemikiran anda untuk sukses. Jadilah diri sendiri karena Peluang Sukses Tidak Tergantung Pada Karakter Anda.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: