Pengertian, Sumber, dan Fungsi Gula bagi Tubuh

Pengertian, Sumber, dan Fungsi Gula bagi Tubuh

Pengertian, Sumber, dan Fungsi Gula bagi Tubuh – Sama seperti garam, hanya sebagian orang yang mengetahui dan menyadari fungsi gula bagi tubuh tidak hanya sekedar memberikan rasa. Tetapi juga memiliki banyak manfaat. Memang, di dalam mengkonsumsinya, gula jamak digunakan dengan mencampurkannya pada makanan maupun minuman. Tanpa gula, makanan ataupun minuman akan terasa hambar. Nah ingin tahu lebih jauh tentang Pengertian, Sumber, dan Fungsi Gula bagi Tubuh? Simak terus informasinya dibawah ini.

Pengertian Gula

Gula sebagai salah satu jenis karbohidrat yang masih sederhana, menjadikannya memiliki peranan sangat penting bagi tubuh manusia. Pasalnya, karbohidrat merupakan sumber energi. Dengan tercukupinya asupan energi, sehingga tubuh bisa melakukan aktifitas dengan maksimal. Sebaliknya, jika kekurangan, tubuh akan terasa lemas dan lemah.

Seperti diketahui, karbohidrat memiliki fungsi sebagai cadangan energi. Energi dihasilkan dengan mengubah karbohidrat menjadi kalori. Sementara kelebihan karbohidrat yang tidak sempat diubah menjadi energi akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lemak inilah yang akan dirubah menjadi energi di saat tubuh membutuhkannya.

Sumber Gula

Sangat mudah menjumpai gula. Hampir semua buah-buahan memiliki kandungan. Buah-buahan yang memiliki rasa manis merupakan penanda adanya kandungan gula di dalamnya. Karena itulah, banyak buah-buahan yang dijadikan pemanis alami makanan. Entah dalam bentuk essen, sirup, selai hingga dicampur langsung dalam sebuah makanan ataupun minuman.

Adapun jenis gula yang paling banyak digunakan adalah gula yang berasal dari tebu, yang biasa dikenal dengan gula pasir (Granulated Sugar). Pada kebanyakan jenis makanan dan minuman menggunakan gula jenis ini, hingga seolah-olah kita tidak dapat terlepas dari ketergantungan gula ini dalam membuat makanan dan minuman.

Selain itu juga ada yang namanya gula palem atau yang biasa disebut dengan gula semut. Gulai ini dihasilkan dari pengolahan nira batang bunga pohon aren. Agar menghasilkan gula semut, nira diproses terlebih dahulu dengan cara dimansak sampai mengental dan berubah warna menjadi coklat.

Terdapat juga jenis gula yang mirip dengan gula semut, yakni gula Jawa atau gula merah. Bedanya, gula ini bukan berasal dari nira atau sari batang bunga pohon aren. Akan tetapi gla ini berasal dari nira bunga pohon kelapa, proses pengolahannya tak berbeda dengan gula semut.

Selain kelapa dan aren yang dapat diproses menjadi gula, Kurma pun dapat diproses menjadi gula. Tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini buahnya mengandung kadar gula hingga 60%. Meski warnanya sama dengan gula Jawa maupun aren, yakni coklat, namun cara pengolahan di dalam membuat buah kurma sangat berbeda. Buah kurma cukup dikeringkan. Setelah kering, barulah ditumbuk hingga menjadi butiran kecil. Gula kurma ini sudah banyak digunakan di India.

Akan tetapi, gula pasir, gula aren maupun gula Jawa, sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena itulah, penderita penyakit ini harus menggunakan gula dari sumber lain. Salah satunya yang direkomendasikan adalah gula jagung. Gula jagung dipilih karena jumlah kalori di dalamnya rendah.

Ternyata, tak hanya sari maupun buah yang dapat dijadikan buah. Daun pun juga sudah banyak di gunakan sebagai pemanis makanan maupun minuman. Salah satunya daun stevia. Daun ini bahkan 300 lebih manis dari gula tebu.

Fungsi Gula Bagi Tubuh

Perlu diingat, gula bagi tubuh tidak hanya berfungsi sebagai pemanis. Akan tetapi, memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh manusia. Zat Glukosa yang terkandung didalamnyalah yang menjadikan produk ini memiliki banyak fungsi gula bagi tubuh. Glukosa inilah yang menjadi bahan bakar dalam menghasilkan energi bagi tubuh. Fungsi gula bagi tubuh antara lain :

  • Sumber Energi

Bagi tubuh  fungsi gula yang pertama adalah sebagai sumber energi. Di dalam proses perubahan energi dalam tubuh, glukosa akan mengalami oksidasi dan terurai menjadi karbohidrat dan air. Saluran pencernaan inilah yang memiliki peran penting dalam proses penyebaran glukosa dalam tubuh. Dari pencernaan, glukosa disebarkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Konsusumsi gula yang berlebih, maka kelebihan glukosa akan disimpan dalam bentuk lemak serta glikogen. Glikogen inilah yang akan diolah kembali menjadi glukosa pada saat tubuh membutuhkan energi baru. Fungsi gula bagi tubuh sebagai sumber energi yang membuat kita untuk makan makanan yang manis sebelum beraktifitas.

  • Memaksimalkan Kinerja Otak

Selain itu gula juga dapat membuat kinerja otak menjadi maksimal. Otak akan bekerja maksimal jika darah yang mengalir ke otak lancar. Kandungan glukosa yang terdapat dalam gula dapat memperlancar peredaran ke otak.

  • Menentramkan Pikiran

Lancarnya peredaran darah ke otak, tak hanya membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat mentramkan pikiran. Karena itulah, jika pikiran kita sedang tertekan, konsumsilah makanan atau minuman yang manis.

  • Menghindari Tekanan Darah Rendah

Asupan glukosa dalam tubuh berdampak pada kelancaran peredaran darah. Apabila asupan glukosa pada darah kurang, maka darah akan berjalan lambat. Inilah yang kemudian disebut sebagai tekanan darah rendah. Oleh karenanya, dengan menkonsumsi gula dapat menghindari terjadinya gangguan tekanan darah rendah.

  • Mengencangkan Kulit Wajah

Fungsi gula bagi tubuh tak hanya untuk kesehatan,melainkan dapat juga untuk kecantikan. Salah satunya kecantikan kulit wajah. Saat ini mulai banyak gula yang dijadikan scrub wajah. Ini karena gula dapat mengencangkan dan melencturkan kulit.

  • Membersihkan Bulu

Membersihkan bulu tak harus dengan cukur jenggot, tetapi dapat juga dilakukan dengan gula. Penggunaannya cukup mudah, gula dimasak dalam seperempat air dan dicampur dengan seperempat air lemon. Aduk hingga berubah menjadi karamel. Disaat masih hangat, anda dapat menempekannya pada bulu yang akan dihilangkan. Tempelkan kain kasa dan tarik dengan cepat. Bulu akan terangkat bersama dengan kain kasa.

Demikianlah tadi informasi seputar Pengertian, Sumber, dan Fungsi Gula bagi Tubuh, Ternyata fungsi gula bagi tubuh tidak hanya sebatas kesehatan. Akan tetapi, fungsi gula bagi tubuh juga dapat berupa menjaga kecantikan. Baik wajah,maupun anggota tubuh lainnya.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply