Sumber dan Manfaat Arginin Bagi Tubuh

Sumber dan Manfaat Arginin Bagi Tubuh

Sumber dan Manfaat Arginin Bagi Tubuh – Arginin merupakan salah satu jenis asam amino yang lazim ditemui dalam protein. Asam amino ini tergolong semi esensial, bisa diproduksi sendiri oleh tubuh namun dapat ditemukan pula pada sumber lain di luar tubuh manusia. Pentingnya Manfaat Arginin Bagi Tubuh sudah terbukti melalui berbagai penelitian dan pengalaman. Keberadaannya dalam tubuh sangat diperlukan untuk pemeliharaan jaringan dan pertumbuhan.

Dalam Kimia, arginin dirumuskan sebagai C6H14N4O2. Titik leburnya berada pada suhu 244oC. Secara sistematik, arginin dikenal dengan nama diamino metilidenamino (asam S-2-amino -5). Dalam klasifikasi asam amino, arginin termasuk asam amino dengan kelebihan gugus basa sehingga termasuk ke dalam golongan asam amino basa.

Tubuh manusia mampu memproduksi sendiri Arginin sehingga kebutuhan akan asam amino ini tercukupi dengan sendirinya. Arginin dibutuhkan tubuh terutama di tingkat sel, sebagai sumber energi bagi sel-sel pembentuk jaringan.

Tubuh memproduksi arginin dalam jumlah terbatas. Dalam kondisi normal atau sehat, jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan harian. Dalam kondisi sakit, kebutuhan akan arginin meningkat sehingga memerlukan tambahan asupan protein dari luar. Misalnya saat tubuh kelelahan, malnutrisi, cedera tulang, dan sebagainya.

Manfaat Arginin bagi Kesehatan Tubuh

Arginin memiliki peran luar biasa dalam tubuh manusia. Asam amino ini mampu memberi efek anabolik pada proses metabolisme protein. Dengan disertai asupan asam amino lainnya, asupan arginin mampu memulihkan kondisi pada pasien gangguan imunitas melalui terapi nutrisi. Selain itu, pasien dengan luka pada tulang maupun penyembuhan pasca-operasi bisa lebih cepat sembuh. Berikut ini adalah manfaat arginin secara umum, diantaranya :

  • Salah satu manfaat dari arignin adalah memelihara kesehatan organ jantung
  • Memberikan energi pada jaringan sel sehingga dapat berkerja dengan baik.
  • Mempercepat proses regenerasi jaringan sel sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka, baik luka karena operasi maupun luka cedera.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Menghambat pertumbuhan sel tumor.
  • Memelihara metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik.
  • Memperlancar proses pertumbuhan dengan cara menstimulus sekresi hormon pertumbuhan.
  • Memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  • Meningkatkan kemampuan kerja otot jantung.
  • Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
  • Menurunkan kadar gula darah yang tinggi.
  • Memelihara kesehatan organ tubuh yang vital seperti jantung, hati, dan juga ginjal.

Arginin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Begitu pentingnya arginin sehingga jika tubuh kekurangan asam amino ini maka tubuh kehilangan semua manfaat arginin. Berikut ini adalah efek negatif yang bisa diderita tubuh jika kekurangan arginine, diantaranya :

  • Daya tahan tubuh menurun, ditandai dengan gejala mudah lelah dan nafsu makan berkurang. Imunitas yang menurun berpotensi mendatangkan berbagai gangguan penyakit. Tubuh tidak kuat menahan atau melawan virus dan bekteri yang hinggap dan berkembang biak.
  • Hormon pertumbuhan menurun sehingga menghambat laju pertumbuhan tubuh. Hal ini terlihat signifikan pada anak-anak dan dewasa di mana pada masa ini pertumbuhan badan dan organ tubuh sedang terjadi dengan pesat. Pada orang dewasa, gejala yang muncul misalnya rambut kusam dan rontok, luka pada kulit lama kering, kuku mudah patah dan kusam.
  • Menghambat proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan sel.Kurangnya kadar arginin dalam tubuh membuat sel kekurangan energi untuk bisa bekerja dengan optimal.
  • Kadar kolesterol dan gula darah tidak terkendali.
  • Kurangnya kadar arginin bisa menurunkan fungsi berbagai organ penting sehingga berpotensi menimbulkan penyakit serius.

Cara Mendapatkan Sumber Arginin

Kebutuhan arginin secara normal sebenarnya sudah terpenuhi secara otomatis oleh tubuh  sendiri. Kita hanya perlu menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam kondisi sehat. Memelihara kesehatan tubuh salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olah raga teratur, dan istirahat yang cukup.

Jika kondisi tubuh terasa kurang fit, mengonsumsi makanan kaya protein bisa membantu menambah asupan arginin. Bisa dari protein nabati maupun hewani. Sumber arginin yang signifikan bisa diperoleh dari daging sapi, daging ayam, ikan, telur, susu sapi, keju, kedelai, kelapa, dan kacang-kacangan. Bagi penderita alergi kacang, sebaiknya hindari mengonsumsi kacang dan memilih sumber makanan lain yang juga mengandung arginin.

Selain dari sumber makanan alami, arginin juga bisa diperoleh dalam bentuk suplemen. Namun, pemakaian suplemen arginin tidak dianjurkan untuk tubuh dalam kondisi sehat. Tambahan suplemen biasanya diperlukan jika memang tubuh memerlukan ekstra arginin untuk membantu meningkatkan kondisi tubuh yang sedang sakit.

Penggunaan suplemen harus sesuai dengan dosis. Jika dosisnya kurang, maka tubuh tidak mendapat manfaat yang optimal. Pun jika dosis berlebih, berisiko menimbulkan efek samping yang akan memperparah kondisi tubuh. Penggunaan suplemen tidak untuk jangka panjang karena bisa menimbulkan efek samping pada ginjal, hati, dan jantung. Sumber arginin terbaik adalah makanan alami yang kaya akan protein.

Demikialah tadi informasi seputar Manfaat Arginin Bagi Tubuh serta sumber Arginin yang penting untuk anda ketahui. Semoga dapat menjadi referensi informasi yang bermanfaat !

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply