Resep batagor

Resep Batagor Sederhana dan Nikmat

Resep batagorTentu semua menyukai makanan khas bandung yang satu ini. Bakso tahu goreng atau disebut juga sebagai batagor, memang memiliki rasa gurih yang khas dan sangat bersahabat di lidah.

Meskipun demikian, terkadang batagor yang dijual di luar memiliki harga yang cukup mahal. Dengan mengikuti resep batagor sederhana dan murah ini, Anda juga bisa membuat batagor sendiri di rumah tanpa mengurangi cita rasa aslinya.

Bahan Utama Batagor

Resep batagor sederhana ini bisa menjadi penentu rasa gurih pada batagor. Terdapat bahan utama yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Keterkaitan bahan inilah yang membuat batagor bisa menjadi makanan yang nikmat. Dengan menggunakan bahan yang benar, maka batagor yang Anda buat sendiri juga bisa memiliki rasa yang menarik di lidah. Dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama, pastikan Anda memilih ikan tenggiri yang segar untuk memastikan rasa gurih batagor yang kuat.



Resep batagor

Bahan yang diperlukan:

  1. Tahu putih secukupnya.
  2. 300 gram ikan tenggiri, tumbuk dan haluskan.
  3. 2 batang daun bawang, potong tipis.
  4. 1 sdt garam, atur rasa asin sesuai selera.
  5. 1 sdt gula, atur rasa manis sesuai selera.
  6. 2 sdt lada putih bubuk.
  7. 1 sdt merica bubuk.
  8. 2 butir putih telur.
  9. 150 ml air es, untuk membuat tekstur kenyal pada batagor.
  10. 100 gram tepung sagu.
  11. 20 gram tepung terigu
  12. Kulit pangsit secukupnya

Resep saus kacang:

  1. 2 siung bawang putih, potong halus.
  2. 250 gram kacang tanah, sangrai hingga matang.
  3. 1 sdt garam.
  4. 1 sdt gula.
  5. 2 buah cabai keriting, potong kasar.

Cara Membuat Batagor

  1. Setelah ikan tenggiri dihaluskan, campurkanlah dengan daun bawang, lada putih bubuk, merica dan gula pasir. Uleni adonan tersebut hingga semua
  2. Setelah adonan tersebut merata, masukkan putih telur dan air es, aduk kembali hingga me
  3. Aduk dan campurkan tepung agar menjadi satu, kemudian masukkan campuran tepung pada adonan dan uleni kembali hingga rata.
  4. Iris dan keluarkan bagian dalam dari tahu putih, masukkan adonan batagor kedalamnya.
  5. Sisihkan juga sebagian adonan dan bungkuslah dengan kulit pangsit hingga rapih.
  6. Untuk batagor yang dibungkus di dalam tahu, Anda perlu mengukusnya terlebih dahulu hingga semuanya matang. Setelah matang, celupkanlah batagor tahu ke dalam campuran telur dan tepung terigu, taburkan garam secukupnya.
  7. Setelah semua siap, Anda bisa menyiapkan minyak panas pada wajan. Goreng batagor dalam api sedang agar matang merata dan bagian luar dari batagor tidak gosong. Angkat dan tiriskan jika batagor sudah berwarna kuning kecoklatan.
  8. Untuk membuat saus kacang, masukkan kacang yang sudah digoreng ke dalam food processor atau bisa juga dengan diulek hingga halus. Masukkan juga bawang putih dan cabai keriting, cacah hingga halus. Untuk mengatur kekentalan saus, Anda bisa menambahkan air matang sesuai selera Anda.
  9. Setelah itu, masak saus kacang dengan api kecil hingga mendidih, angkat dan siapkan pada mangkuk.
  10. Siram saus kacang pada batagor sesuai selera, Anda juga bisa menambahkan air perasan jeruk nipis dan kecap untuk menambah rasa dan aroma nikmat batagor.

Tips: Membuat batagor sendiri memang sangat menyenangkan. Selain Anda bisa menambahkan ikan agar rasanya lebih kuat, Anda juga bisa membuat saus kacang sesuai dengan selera Anda. Dengan mengikuti resep batagor di atas, bisa membuat Anda merasa terobati dengan rasa batagor asli dari Bandung.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Kecap

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: