Resep Cara Membuat Kue Bugis Mandi Lembut dan Enak

Resep Cara Membuat Kue Bugis Mandi Lembut dan Enak – Halo bunda, ketemu lagi di www.resepkakak.com, kali ini saya akan membagikan satu resep kue yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua penduduk Indonesia. Nama kue-nya adalah kue bugis. Kue bugis ini adalah makanan/kue tradisional khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, tepung kanji dan diisi dengan parutan kelapa dan gula merah. Rasa kue ketan ini terkenal gurih gurih manis gimana gitu, jadi selalu cocok dengan lidah orang Indonesia, apalagi anak-anak, pasti doyan banget dengan kue satu ini.

Kue Bugis Mandi ini dikenal memiliki cita rasa yang sedap dan lembut ketika kita mengigitnya. Mungkin kita ada yang pernah berpikiran sebelumnya kalau kue bugis ini hampir-hampir mirip dengan kue klepon. Memang kue ini sebenarnya hampir sama dengan kue klepon, hanya saja kue klepon dan kue bugis itu berbeda bentuk dan ukuran saja.

Baca juga: Resep Kue Klepon Manis

Kue bugis biasanya dibuat dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, dan dibawah ini adalah resep cara membuat kue bugis mandi lembut dan enak, yuk disimak!

Resep Cara Membuat Kue Bugis Mandi Lembut dan Enak

Waktu memasak: kurang lebih 3 jam

Bahan Membuat Kue Bugis Mandi:

  • 300gram tepung ketan
  • 100ml santan dari sebutir kelapa
  • Gula pasir secukupnya

Bahan Isi Kue Bugis Mandi:

  • 200 gram kelapa parut
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 gram gula merah

Bahan Siram Kue Bugis Mandi:

  • 100 gram maizena
  • 1 sendok teh garam
  • 700 ml santan kental

Cara Membuat Kue Bugis Mandi Lembut dan Enak:

Isi Kue Bugis Mandi:

  1. Pertama-tama, hal yang harus anda lakukan adalah menyediahkan wadah dengan ukuran sedang untuk mengolah adonan isi.
  2. Masukkan kelapa parut yang telah disiapkan tadi kedalam wadah tersebut dan campurkan dengan gula merah kedalamnya. Kemudian jangan lupa pula untuk memasukkan daun pandan dan air. Aduk sampai merata dan tuangkan tepung ketan kedalamnya.
  3. Uleni adonan tadi sampai kalis.
  4. Jika adonan sudah kalis, ambil sedikit demi sedikit dan bentuk bulat. Tinggalkan/sisihkan terlebih dahulu. (Tahap ini boleh anda lakukan ketika anda telah menyelesaikan proses kulit kue bugis mandi)

Kulit Kue Bugis Mandi:

  1. Siapkan lagi satu wadah baru untuk membuat adonan kulit bugis.
  2. Masukkan tepung ketan bersama dengan gula pasir kedalamnya, dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan santan sedikit demi sedikit ke dalamnya dan uleni sampai kalis.

Kuah Kue Bugis Mandi dan Cara Membuat Kue Bugis Mandi:

  1. Ambil adonan isi yang telah selesai anda bentuk bulat bulat tadinya, lalu ambil adonan kulit kue bugis, dan pipihkan adonan kulit tersebut.
  2. Masukkan dan bungkus adonan kulit dengan adonan isi tersebut dan tutup dengan membuat adonan tersebut bulat (kulit diluar, dan bagian isi di dalamnya). Lakukan hingga semua adonan kulit dan adonan isi habis.
  3. Setelah semua adonan selesai, siapkan adonan mengukus anda. Kukus adonan yang telah selesai dibentuk tadi selama kurang lebih 15 menit atau sampai adonan benar benar matang. Jika sudah matang, anda dapat mengangkat keluar kue bugis tersebut dan diamkan sampai agak mendingin.
  4. Setelah itu, kita akan membuat kuah bugis mandi. Anda hanya perlu menyiapkan panci dan masukkan semua bahan kuah tadi kedalam panci tersebut. Masak semua bahan kuah tersebut sampai matang dan mendidih.
  5. Jika kuah sudah mendidih, anda dapat langsung mengangkatnya dan menyiramkanya keatas kue bugis tadi. Kue bugis mandi telah siap untuk disajikan.

Tips: Jumlah porsi yang dapat terbuat dengan bahan yang tersedia diatas itu sebesar 18 potong. Jadi jika anda ingin membuat lebih, silahkan anda tambahkan bahannya sesuai takaran yang ada. Kue bugis mandi lebih enak apabila disajikan bersama dengan secangkir kopi hangat atau teh hangat bersama keluarga maupun orang tercinta tentunya.

Itulah resep dan cara membuat kue bugis mandi yang simple namun enak tentunya. Selamat mencoba, tetap berkarya!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: