resep kue klepon

Resep Kue Klepon Manis

Resep kue klepon – Dari sekian banyak jajanan pasar khas Nusantara, kue klepon menjadi salah satu jajanan pasar yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Kue klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Selain itu, rasanya yang manis juga mampu menggoyang lidah bagi siapapun yang mencicipinya. Mari Anda simak cara mudah membuat kue klepon yang manis dan legit!

Bahan Utama Kue Klepon

Untuk membuat resep kue klepon yang nikmat, terdapat beberapa bahan yang wajib Anda perhatikan. Dibandingkan dengan kue klepon yang berbahan dasar ubi, kue klepon yang memiliki bahan dasar tepung  ketan cenderung memiliki tekstur yang lebih kenyal. Penggunaan tepung dengan komposisi yang tepat juga menjadi kunci utama kue klepon dapat memiliki kekenyalan yang pas. Apabila terlalu banyak menggunakan tepung, maka selain rasa kue akan menjadi berubah, teksturnya juga akan menjadi lebih pekat dan tidak enak untuk dikunyah. Oleh sebab itu pastikan takaran komposisi bahan- bahannya benar.
 
 



 
Resep kue klepon

Berikut ini bahan- bahan yang digunakan untuk pembuatan resep kue klepon manis dan legit.

  • 400 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung beras
  • ½sdt garam dapur.
  • 1 sdt gula merah bubuk
  • Air tawar yang sudah dimasak, sediakan secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 gram kelapa parut muda
  • Pasta pandan secukupnya, jika tidak ada bisa menggunakan daun pandan yang diulek sampai halus.

Cara Membuat Kue Klepon

  1. Siapkan wadah,  campurkan tepung ketan dan tepung beras lalu aduk hingga rata. Jika perlu, Anda bisa menggunakan mixer untuk mempercepat proses pengadukan adonan.
  2. Setelah tepung tercampur rata, masukkan pasta pandan dan terus aduk perlahan.
  3. Uleni terus adonan tepung, siram dengan air sedikit demi sedikit sampai adonan terasa padat atau kalis. Gunakan mixer untuk mempercepat proses pengadukan hingga menjadi lebih kalis. Setelah kalis siapkan wadah lain sebagai tempat adonan lain.
  4. Adonan yang sudah kalis bisa Anda bentuk bulat-bulat kecil seukuran biji salak. Pastikan bentuknya bulat bukan lonjong. Kemudian beri isi gula merah pada bagian tengahnya. Jangan mengisi adonan terlalu banyak, karena akan bisa pecah saat direbus.
  5. Siapkan panci dan rebus air hingga mendidih, masukkanlah adonan klepon yang sudah Anda buat.
  6. Sambil menunggu adonan kue klepon yang direbus matang dan siap diangkat, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam dan kukuslah sebentar hingga matang.
  7. Keluarkan adonan kue klepon yang sudah matang  dan taburkan dengan kelapa parut yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan kelapa parut dalam kondisi fresh tidak lembek maupun bau.
  8. Kue klepon siap disajikan dan gunakan topping daun pandan maupun hiasan lainnya agar terkesan lebih cantik.

Tips: Perlu diperhatikan, karena kue ini menggunakan parutan kelapa, alangkah lebih baik jika tidak disimpan terlalu lama. Sebaiknya sehari langsung habis, atau masukkan freezer namun jangan diberi parutan kelapa dahulu. Jika difreezer umumnya akan bertahan hingga 2 hari.

Resep kue klepon ini memang sangat mudah untuk Anda ikuti karena tidak menggunakan bahan yang susah Anda temukan. Dengan menggunakan berbagai bahan sederhana saja, Anda sudah bisa membuat kue klepon sendiri dirumah dan cocok untuk menjadi teman camilan Anda bersama keluarga di akhir pekan. Perlu diperhatikan juga, setelah kue klepon dihidangkan, pastikan jangan terburu-buru untuk memakannya karena isian gula merah akan tetap panas dalam waktu yang agak lama. Selamat mencoba!

Baca juga: Resep Kue Mangkok



Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: