Resep Takoyaki Jepang

Resep Takoyaki Jepang

Resep Takoyaki Jepang – Takoyaki adalah makanan berupa cemilan yang sangat identik dengan Jepang. Makanan khas Jepang ini kini sudah dapat kita temui dan kita temukan di berbagai restoran kota kota Indonesia. Rasa takoyaki yang enak membuat sejumlah orang baik dari Jepang, maupun orang luar Jepang, mendambakan makanan ini jika mereka pergi ke Jepang. Namun jangan salah, kini anda sudah dapat mencoba membuat takoyaki sendiri di rumah dengan resep takoyaki Jepang yang satu ini nih.

Resep takoyaki jepang ini sangat mudah untuk dibuat. Yah bagaimanapun sebelumnya, anda haruslah memiliki panci takoyaki. Jika anda tidak memilikinya, akan sangat sulit untuk membuatnya. Panci Takoyaki adalah panci besi yang sudah disiapkan adonan di dalamnya untuk dimasak di atas kompir. Panci Takoyaki ini juga bekerja baik di atas kompor gas. Panci takoyaki ini dapat anda peroleh dan anda beli di toko alat masak. Jika anda memutuskan untuk membeli 1 panci takoyaki tersebut, pilihlah jenis panci takoyaki pick (turner).

Simak Juga: Resep Telur Bistik

Membuat takoyaki sangatlah mudah jika kita mengikuti langkah langkah membuat seperti yang ada dibawah. Takoyaki itu adalah sebuah makanan gurita goreng atau gurita panggang. Jadi jika anda menggunakan bahan lain selain gurita, maka itu bukanlah takoyaki lagi, bukan? Tidak! itu tidak benar. Anda dapat memasukkan segala macam makanan yang anda suka ke dalamnya. Selain itu, anda juga bisa menambahkan keju atau saus, atau udang ebi, ketika anda tidak dapat membeli gurita, atau sayur sayuran seperti kol atau apapun itu yang anda inginkan.

 

Bahan Adonan Takoyaki

  1. Bahan utama takoyaki adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein rendah kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  2. Telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir yang ukuran besar atau sedang.
  3. 1 sendok kecil Baking powder.
  4. Susu cair kurang lebih sebanyak 120 ml.
  5. 5 gram Katsuobushi untuk campuran adonan takoyaki.
  6. Kaldu bubuk rasa ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil kurang.
  7. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 350 ml.

Bahan Lainnya

  1. Katsuobushi (ikal cakalang asap khas Jepang) untuk taburan kurang lebih sebanyak 5 gram saja.
  2. Gurita yang sudah anda masak terlebih dahulu atau sudah direbus lalu dipotong kecil-kecil sesuai selera. Bisa diganti dengan isi ayam, udang, cumi, bakso, sosis, keju atau lainnya. Gurita yang digunakan lebih baik lagi jika yang sudah direbus dari penjualnya sehingga lebih praktis. Kalau belum yah anda bisa rebus sendiri kemudian dipotong kecil. Gak susah kok. Yang susah, yah gak mencoba. :p
  3. Mayonise secukupnya sesuai selera.
  4. Saus sambal secukupnya sesuai selera.
  5. Saus takoyaki kalau ada secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Takoyaki

  1. Pertama kita olah katsuobushinya. Rebus bersama dengan air yang sudah dipersiapkan sampai benar-benar mendidih dan diamkan dengan api kecil kurang lebih selama 5 menit saja.
  2. Setelah itu matkan dan tunggu sebentar sampai dingin selanjutnya saring. Langkah ini bisa di skip kalau tidak memakai katsuobushi.
  3. Masukkan susu cairnya kemudian aduk bersama katsuobushi diatas sampai tercampur rata.
  4. Tuang kaldu bubuknya kedalam wadah diatas kemudian aduk kembali sampau rata.
  5. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas kemudian aduk bersama bahan adonan resep takoyaki diatas.
  6. Ambil wadah baru kemudian campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powdernya kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.
  7. Masukkan campuran tepung tadi kedalam wadah isi susu kemudina aduk-aduk kembali sampai rata.
  8. Saring adonan diatas supaya tidak ada gumpalan tepung.
  9. Siapkan cetakan untuk membuat takoyaki dan tunggu sampai panas. Jangan lupa olesi dahulu dengan margarin diatasnya.
  10. Tuang adonan takoyaki kedalamnya sesuai selera kemudian langsung isi dengan gurita atau bahan isian lainnya.
  11. Setelah matang angkat. Ulangi sampai semua resep makanan takoyaki Jepang sudah dipanggang.

 

Takoyaki sangat disarankan untuk dimakan ketika panas sesaat setelah diambil keluar dari panci. Jadi carilah panci takoyaki dan nikmati segera takoyaki yang segar dan nikmat untuk anak atau keluarga dan sahabat anda tercinta.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: