4 Aneka Makanan Ringan Khas Sunda Kreasi Baru dan Terkenal di Kuliner Bandung

4 Aneka Makanan Ringan Khas Sunda Kreasi Baru dan Terkenal di Kuliner Bandung

4 Aneka Makanan Ringan Khas Sunda Kreasi Baru dan Terkenal di Kuliner Bandung – Anda pasti sudah tau kalau Bandung adalah kota gudangnya kuliner enak. Gak heran jika setiap Weekend, kota Bandung akan dipenuhi warga ibukota yang bermain ke kota ini. Memang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, apalagi sudah ada akses tol dari Jakarta ke Bandung. Kemudahan tersebut membuat orang Jakarta semakin sering mengunjungi Bandung setiap akhir pekan. Kalau memikirkan Bandung pasti yang terlintas di pikiran anda adalah Kuliner, Fashion Outlet, Distro, Lembang dan juga jalanan yang macet. Waktunya belanja dan juga kuliner jika anda sudah sampai di Bandung. Namun tahukah anda beberapa jajanan yang terkenal di Bandung adalah aneka makanan ringan khas Sunda?

4 makanan ringan yang biasa anda nikmati di Bandung ternyata bukanlah makanan khas yang berasal dari Bandung. Dibawah ini adalah aneka makanan ringan khas Sunda yang sangat terkenal di kota Bandung. Langsung saja kita bahas, pasti anda mengenal jajanan yang akan disebutkan dibawah ini.

  • Bandros. Bandros adalah salah satu makanan khas Sunda yang banyak dijual di Bandung. Makanan ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut ditambah santan yang diolah menjadi satu. Jika anda lihat bentuknya hampir serupa dengan kue pukis,namun biasanya bandros disajikan dengan taburan gula diatasnya. Jika anda lebih menyukai rasa asin maka anda tidak perlu menambahkan guka diatasnya, karena adonan bandros memiliki rasa asin dan gurih. Bandros banyak dijual di daerah Bandung, mulai dari penjual panggul yang berkeliling sampai dijual di Cafe yang Elite. Semuanya menggunakan olahan yang sama, namun jika anda membeli bandros di Cafe maka anda dapat memilih toping dengan beragam jenis, misalnya Nutella, Green Tea dan yang lainnya.

  • Surabi pun adalah makanan khas dari Sunda, walaupun memang banyak dijual di Bandung dan banyak orang mengatakan bahwa surabi ini adalah makanan khas dari Bandung. Surabi ini diolah di tungku dengan arang supaya olahan bahan surabi dapat berkembang sempurna. Surabi awalnya dijual dengan toping oncom atau susu. Namun saat ini Surabi sudah menjadi makanan kekinian dengan berbagai toping menarik. Tidak sedikit yang menjual surabi dengan berbagai toping yang menarik supaya banyak konsumen yang penasaran untuk mencobanya.

  • Cirreng. Makanan ringan yang satu ini juga asalnya dari Sunda. Cirreng adalah singkatan dari aci digoreng. Awalnya aci digoreng ini hanya dijual di gerobakan yang menjual berbagai gorengan. Berbahan dasar aci atau tepung kanji serta diberi sedikit daun bawang yang diolah menjadi satu dan digoreng hingga bertekstur renyah. Namun saat ini Cirreng ini juga dijual dengan kreasi yang menarik. Bahkan sekarang Cirreng sudah dijual dalam bentuk mentahannya dalam kemasan Vacuum supaya konsumen bisa menggorengnya kapanpun mereka mau disertai dengan saus pedas manis untuk pendamping cirreng.
  • Batagor. Makanan ringan ini pun sangat terkenal di kota Bandung. Batagor adalah singkatan dari Bakso tahu goreng. Jadi bahan dasar batagor tentunya adalah bakso dan tahu yang digoreng dan diberi bumbu kacang yang lezat. Namun saat ini banyak sekali yang mengkreasikan batagor dan menjadi makanan yang terkenal di Bandung.

Demikianlah 4 Aneka Makanan Ringan Khas Sunda Kreasi Baru dan Terkenal di Kuliner Bandung.

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: