Cara Mengatasi Kulit Berminyak

5 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Terbukti Paling Efektif

Cara Mengatasi Kulit Berminyak – Kulit terbagi menjadi tiga jenis yaitu kulit normal, kering, dan juga berminyak. Setiap jenis kulit tersebut memiliki masing-masing perawatan. Salah dalam merawat kulit akan dapat menimbulkan berbagai macam masalah.

Contohnya, kondisi kulit kering tidak cocok untuk melakukan perawatan kulit berminyak karena dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin kering. Begitu pula sebaliknya kondisi kulit berminyak tidak bisa menggunakan perawatan kulit kering karena bisa membuat kulit terasa semakin berminyak.

Beruntung bagi pemilik kulit normal karena tidak perlu melakukan perawatan sedemikian rupa karena kondisi kulitnya jarang mendapat masalah seperti pada kulit kering maupun berminyak.

Mengatasi Kulit Berminyak

Kondisi kulit berminyak terjadi saat folikel di kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Dibandingkan kulit kering, kulit berminyak ini jauh memiliki berbagai macam masalah kulit mulai dari kusam, pori-pori besar, komedo, jerawat, dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh sebab itu pemilik kulit berminyak harus segera mengatasi kondisi kulitnya agar beberapa masalah tersebut tidak lagi timbul. Berikut beberapa cara mengatasi kulit berminyak yang mudah untuk dilakukan:

1. Rajin Mencuci dan Membersihkan Wajah

Cara pertama yang paling efektif adalah dengan rajin mencuci dan membersihkan wajah. Hal ini paling membantu bagi kamu yang sering diluar rumah terkena sinar matahari langsung dan polusi udara.

Ketika tidak dibersihkan zat polutan yang terdapat dalam polusi udara akan tetap menempel atau melekat pada wajah, sehingga menyebabkan masalah kulit pada wajah.

Cara paling efektif untuk membersihkan wajah seharian diluar rumah adalah dengan mendiamkan wajah selama 5 menit terlebih dahulu, setelah itu dicuci wajah dengan menggunakan facial foam.

Mengapa tidak langsung mencuci wajah? Mencuci wajah setelah terpapar udara panas akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Oleh sebab itu tunggulah hingga suhu pada wajah atau tubuh normal kembali.

Lakukan pula hal ini sebelum tidur karena dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak
Cara Mengatasi Kulit Berminyak

2. Memilih Pelembap Tepat

Cara mengatasi kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan pelembap yang tepat. Pelembap penting untuk tetap menjaga elastisitas kulit berminyak. Gunakanlah pelembap alami seperti madu yang telah diakui khasiatnya dalam dunia kecantikan modern.Disamping itu, hindari menggunakan pelembap buatan pabrik karena kandungan kimia yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kulit berminyak bertambah buruk.

Silahkan oleskan madu asli ke permukaan kulit wajahmu lalu diamkan selama 10 menit hingga benar-benar meresap. Setelah itu kamu bisa menggunakan make up sehingga kulit tidak akan terlihat seperti kilang minyak ketika make up sudah sedikit luntur.

3. Hindari Produk Kosmetik Berminyak

Pemilik kulit berminyak penting sekali untuk mengetahui kandungan atau komposisi kosmetik maupun skin care yang digunakannya. Salah dalam memilih kosmetik akan membuat wajah terlihat seperti kilang minyak dan hal itu bisa memperburuk kondisi kulit.

Jika dalam kosmetik atau skin care tersebut ada komposisi yang menyebut oil atau minyak sebaiknya hindari karena tidak cocok untuk kulit berminyak.

Beberapa produk atau skin care yang mengandung minyak ada pada produk pelembap, tabir surya, sunscreen, facial foam, cleanser, dan lain sebagainya.

4. Bubuk Cokelat

Bubuk cokelat tidak hanya bermanfaat untuk membuat minuman yang menyegarkan namun juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini sudah banyak SPA atau klinik kecantikan yang treatmentnya menggunakan cokelat cair maupun bubuk cokelat.

Bubuk cokelat maupun cokelat mengandung antioksidan tinggi sehingga dipercaya bisa digunakan untuk pencegah penuaan dini, membuat kulit terasa lebih rileks, mengencangkan kulit dan salah satunya adalah mengatasi minyak yang berlebihan pada wajah.

Cara mengatasi kulit berminyak dengan menggunakan bubuk cokelat ini pun sangat mudah diaplikasikan yaitu dengan memasukkan 2 sdm bubuk cokelat ke dalam putih telur yang telah dikocok mengembang. Setelah itu aduk hingga keduanya berubah menjadi pasta.

Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah menggunakan air hangat. Lakukanlah cara ini secara teratur tiga kali dalam seminggu agar produksi minyak di wajah bisa terkontrol dengan baik.

Baca juga: Cara mengobati komedo dengan minyak kelapa

5. Baking Soda

Yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda, jeruk nipis, dan juga madu. Silahkan mencampurkan 1 sdm baking soda, 2 sdm, dan berikanlah tetesan jeruk nipis. Campurkan semua bahan menjadi satu sehingga membentuk pasta dalam gumpalan busa yang berbuih putih.

Pasta dari ketiga bahan alami ini tidak hanya bermanfaat sebagai masker namun juga dapat dijadikan sebagai lotion maupun shampoo. Oleskan pada wajah yang berminyak, tunggu selama 30 menit hingga pasta mengering lalu bilas dengan menggunakan air.

Mengatasi Kulit Berminyak
Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak

Agar kulit tidak berminyak juga perlu mengetahui apa penyebabnya. Dengan menghindari penyebabnya maka diharapkan hasil dari treatment mengatasi kulit berminyak tersebut menjadi maksimal.

Selain polusi dan sinar matahari, ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat kulit menjadi berminyak.  Simak beberapa penyebab kulit menjadi berminyak yang perlu kamu ketahui berikut ini:

1. Salah Memilih Produk

Penyebab pertama adalah menggunakan kosmetik maupun skin care kecantikan yang salah terutama dalam produk yang mengandung terlalu banyak minyak. Ini akan membuat kondisi kulit semakin berminyak.

Kulit wajah akan menolak produk kecantikan tersebut dengan menghasilkan minyak yang berlebihan.

2. Makanan Berlemak

Penyebab selanjutnya adalah makanan berlemak. Makanan yang berlemak tidak hanya menyebabkan wajah semakin berminyak. Namun juga dapat memicu gangguan lain seperti wajah berjerawat, kusam, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu jika kamu merasa wajahmu semakin tidak nyaman akibat produksi minyak yang berlebihan segera batasi mengonsumsi makanan berlemak dan pola makanmu menjadi lebih sehat.

Oke, demikianlah cara mengatasi kulit berminyak yang terbukti efektif untuk dicoba, semoga bermanfaat.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply