Resep Opor Ayam

Resep Opor Ayam

Resep opor ayam Ada sangat banyak makanan di Indonesia yang spesial dan bermunculan pada waktu tertentu saja, salah satunya adalah opor ayam. Makanan ini memiliki tempat spesial bagi para pecinta kuliner, karena rasa gurih dari santan, serta perpaduan antara ketupat dan ayam yang sangat serasi untuk dilidah. Dibalik rasanya yang nikmat, opor ayam ternyata sangat mudah untuk Anda buat dan kreasikan sendiri sesuai selera Anda. Yuk, Anda ikuti resep berikut untuk mencoba membuat opor ayam sendiri di rumah Anda.

Bahan Utama Opor Ayam

Resep opor ayam memang menjadi salah satu resep idaman yang sangat mudah untuk dibuat, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membuatnya. Agar opor ayam memiliki rasa yang kuat, usahakan agar Anda tidak menggunakan santan siap pakai. Santan yang diambil langsung dari kelapa memiliki rasa yang lebih baik meskipun lebih susah untuk Anda olah. Cara mengolah santan yang baik adalah dengan terus mengaduk opor ayam secara perlahan saat Anda memasaknya. Selain itu, penggunaan minyak yang terlalu banyak juga tidaklah baik karena dapat membuat rasa dari opor ayam yang Anda buat akan berubah. Berikut ini bahan- bahan yang harus anda sediakan untuk membuat opor ayam.

 



 

Resep Opor Ayam

Bahan- bahan utama:

  1. 1 ekor ayam, potong delapan.
  2. 4 buah ketupat, potong sesuai selera.
  3. 2 batang serai, memarkan.
  4. 2 lembar daun salam.
  5. 500 ml air matang.
  6. 500 ml santan k
  7. 1 sdt garam, tambahkan sesuai selera.
  8. 1 sdt gula, atur rasa manis sesuai selera.
  9. 2 sdm minyak g

Bumbu halus:

  1. 8 siung bawang p
  2. 5 siung bawang m
  3. 5 buah kemiri, sangrai.
  4. 1 ruas l
  5. 1 sdt k

Langkah-Langkah Membuat Opor Ayam:

  1. Cuci ayam hingga bersih, pastikan darahnya sudah tidak ada yang menempel pada ayam.
  2. Siapkan panci dan rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam dan rebuslah sebentar. Setelah ayam setengah matang, matikan kompor dan buanglah airnya.
  3. Masukkan bumbu halus pada food processor dan cacahlah hingga tercampur rata.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Masukkan dan tumis sebentar bumbu halus hingga harum. Setelah harum, masukkan serai dan daun salam belakangan agar tidak terlalu layu.
  5. Siapkan kembali panci, kemudian rebuslah air dan campurkan santan kedalamnya.
  6. Aduk secara perlahan agar santan tidak rusak dan cepat basi, kemudian masukkan tumisan bumbu kedalamnya.
  7. Setelah semua teraduk rata, barulah masukkan potongan ayam dan masak hingga matang.
  8. Siapkan mangkok dan sajikan opor ayam bersama potongan ketupat. Untuk menambah rasa enak, taburi dengan bawang goreng dan kerupuk.

Tips: Sebagai tips, jika Anda menggunakan ayam kampong, bukan ayam pedaging, pastikan ayam telah benar- benar empuk tidak alot. Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan ayam kampong, di tahap awal, rebuslah dengan air yang lebih banyak sehingga ayam akan cepat empuk. Jika perlu, gunakan panic presto untuk merebusnya agar cepat matang. Cukup 10 menit saja tidak lebih karena jika tidak, daging ayam justru akan hancur karena terlalu lama merebusnya.

Secara keseluruhan, Resep opor ayam ini memang cocok untuk sajian utama Anda pada setiap hari raya, tetapi Anda juga bisa membuatnya kapan saja sesuai dengan berbagai acara yang Anda miliki ataupun untuk menu hidangan utama anda saat makan siang.

Baca juga: Resep Ayam Nugget

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: