Makanan Khas Bali yang Sedap dan Lezat

Makanan Khas Bali yang Sedap dan Lezat

Makanan Khas Bali yang Sedap dan Lezat  – Bali, Indonesia adalah salah satu destinasi wisata dunia yang paling populer. Bahkan sering kali turis manca negara lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Hal ini memang merupakan sebuah kenyataan yang sangat unik. Pulau Bali yang lebih sering disebut sebagai pulau Dewata memang tak pernah gagal dalam hal mempesona dan menawan para pengunjung atau turis lokal serta manca negara yang datang untuk berlibur dan untuk tujuan lainnya. Mulai dari budaya, religi, alam, hiburan, sampai dengan kuliner di pulau yang indah ini sangatlah luar biasa menakjubkan. Hal yang paling menarik dari pulau ini adalah meskipun sudah banyak hal yang moderen dan banyak bercampur dengan budaya Barat, namun budaya asli dan makanan tradisional di pulau ini tetap terjaga dan dilestarikan dengan baik. Hal tersebut tercermin tidak hanya dari banyaknya pura (tempat ibadah) serta berbagai hal yang berkaitan dengan agama dan budaya asli Bali, namun juga sampai dengan hal yang berkaitan dengan makanan khas Bali atau tradisional Bali yang tetap laris dan banyak disukai para turis lokal maupun manca negara. Bila anda sedang berlibur di Bali, sebaiknya anda mencoba beberapa makanan tradisional pulau Dewata ini.

Ada beberapa jenis makanan khas Bali atau tradisional Bali yang sedap dan lezat serta wajib dicoba:

• Nasi campur Bali
Nasi campur Bali merupakan makanan yang sangat laris dan digemari oleh banyak orang. Perpaduan antara rasa pedas dan gurih yang ada pada makanan ini akan menyempurnakan setiap suap yang anda makan. Nasi campur Bali ini biasanya berisi sate lilit, ayam bumbu Bali (bagi yang menyukai daging babi, bisa juga diganti dengan daging babi bumbu Bali, namun tentunya tidak halal), lawar, dan sayur urap. Bagi anda yang menyukai rasa pedas, anda bisa menambahkan sambal khas Bali yaitu sambal matah dan sambal embe yang tentunya sangat menggugah selera.

nasi campur bali

• Ayam Betutu
Ayam betutu memang sudah banyak dijual diberbagai daerah di Indonesia, namun, ayam betutu yang anda makan di Bali tentunya memiliki cita rasa yang lebih spesial karena dimasak oleh orang Bali asli yang sangat mengetahui seluk beluk resep makanan ini. Berbagai bumbu dan rempah yang di masukan di dalam daging ayam di makanan ini diolah dengan cara dipanggang. Namun sebelumnya ayam tersebut dibungkus oleh daun pisang terlebih dahulu. Anda juga bisa mengganti daging ayam menjadi daging bebek di makanan ini.

ayam betutu

• Rujak
Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan hidangan penutup atau sekedar camilan untuk mengisi perut. Ada dua jenis rujak khas pulau Bali, yang pertama adalah rujak kuah pindang, dan yang kedua adalah rujak bulung. Hal yang membedakan di ke dua jenis rujak tersebut adalah bumbunya. Namun secara keseluruhan, rasa dari rujak kuah ini adalah pedas serta gurih dan tentunya tetap sangat lezat dilidah.

rujak kuah pindang

Beberapa makanan khas Bali tersebut dapat anda temukan di berbagai restoran dan rumah makan di Bali. Hanya pastikan bahwa anda menemukan restoran yang tepat dengan cita rasa yang sedap dan lezat juga dengan harga yang masuk akal.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Enak Di Indonesia yang Wajib Dicoba

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: