Resep Cara Membuat Lontong Daun Pisang Enak

Resep Cara Membuat Lontong Daun Pisang Enak

Resep Cara Membuat Lontong Daun Pisang Enak – Halo bunda, pastinya anda semua pada kenal dengan jenis makanan yang satu ini, lontong. Lontong itu ibaratnya makanan pas lebaran, jadi kalau pas lebaran gak ada sedia lontong, rasa rasanya tidak lengkap, yakan? Lontong itu biasanya disajikan bersama tauco, sayur lodeh, sayur nangka, atau bisa dan pas juga dipadukan dengan sate beserta kuah bumbu padang yang khas dan panas.

Rasa lontong itu biasanya lembut dan dingin ketika dikunyah, dan memberikan sensasi rasa masakan tersendiri kepada penggemarnya. Membuat lontong biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Memang saat ini kebanyakan lontong dibuat dengan menggunakan plastik. Namun rasanya tidak akan seindah dengan rasa yang diciptakan oleh daun pisang. Nah, jangan khawatir, meskipun banyak yang berkata kalau menggunakan daun pisang akan sulit dan butuh penggalaman, disini akan saya berikan beberapa trik dan tips yang akan menuntun anda supaya dapat membuat lontong dengan cita rasa yang tidak kalah dengan yang di warung makan.

Resep Cara Membuat Lontong Daun Pisang Enak

Resep cara membuat lontong daun pisang enak

Bahan: 

  • Daun pisang (dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dijemur hingga agak layu.)
  • 1/2kg beras pulen, direndam dalam air dingin (kurang lebih 1 jam), takaran beras dapat sesuai selera dan porsi yang anda inginkan.
  • Lidi, digunakan untuk menyemat.
  • 1 lembar daun pandan
  • Air panas dan dingin secukupnya.



Baca juga: Resep Sate Usus Ayam yang Mudah dan Enak

Cara membuat:

  • Ambil dua lembar daun pisang yang sudah dijemur tadi, gulung sampai menyerupai silinder/tabung dengan bagian bawah daun pisang berada di dalam. Jika silinder sudah dirasa cukup ukuran dan posisinya rata dan lurus, semat salah satu ujungnya dengan lidi.
  • Isilah silinder daun pisang tadi dengan beras yang sudah direndam dan ditiris tadi, dengan jumlah takaran setengah gulungan. Semat ujung gulungan daun pisang tadi untuk menutupi kedua sisinya.
  • Jika sudah semuanya, masukkan dan susun semua calon lontong tadi kedalam panci yang tinggi dengan posisi lontong berdiri. Tambahkan air dingin sampai semua calon lontong yang berdiri tadi terendam dengan air seluruhnya. Masukkan selembar daun pandan kedalam panci tersebut.
  • Rebus dengan api sedang selama 2 jam. Setelah 2 jam berlalu, tambahkan lagi air panas kedalamnya sampai lontong terendam dengan air seluruhnya.
  • Rebus lontong tadi sampai memadat dan kenyal. Jika sudah, matikan api dan angkat lontong dari panci, dan tiriskan dalam posisi berdiri.
  • Lontong telah siap untuk disantap untuk dimakan selagi hangat.

Tips: Perlu diingat, 1/2kg beras tadi bisa membuat kurang lebih 7-8 lontong, jadi jika anda ingin membuat lebih, dan memiliki panci yang lebih besar, anda dapat menambah porsi dan takaran yang anda inginkan. Dan satu hal yang perlu diingat bunda dan mungkin sudah bunda ketahui, lontong ini dapat bertahan 3-4 hari, meskipun rasa yang dihasilkan tidak akan sama seperti hari dimana lontong tersebut dibuat, karena lontong yang sudah besok besok akan terasa lebih keras, jadi dianjurkan untuk tidak membuatnya berlebihan jika yang makan hanya anda sendiri.

Demikian resep cara membuat lontong daun pisang enak dan tidak mudah basi.

Selamat mencoba!



Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: